GLOBAL

Terungkap Sumber Dana Rp 970 T Israel Bom Gaza, Ada yang Dipakai RI

DEMOCRAZY.ID
April 25, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Terungkap Sumber Dana Rp 970 T Israel Bom Gaza, Ada yang Dipakai RI

Terungkap Sumber Dana Rp 970 T Israel Bom Gaza, Ada yang Dipakai RI


DEMOCRAZY.ID - Serangan Israel ke wilayah Gaza, Palestina, masih terus terjadi. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda Negeri Yahudi mengurangi eskalasi serangannya ke daerah kantong Palestina itu.


Memasuki bulan ketujuh serangan Israel, muncul pertanyaan terkait bagaimana negara itu mendanai aksi militernya di Gaza. 


Mengutip Al Jazeera, Tel Aviv sejauh ini disebut-sebut telah merogoh kocek sebesar US$ 60 miliar atau setara Rp 970 triliun.


Ekonomi Israel

Sumber pemasukan Israel tak lepas dari posisinya dari segi ekonomi. Diketahui, Negeri Zionis itu masuk kategori negara maju dengan PDB mencapai US$ 522,03 miliar pada 2022, tahun sebelum peperangan ini dimulai.


PDB yang sebesar ini diciptakan dari kegiatan ekonomi yang beragam. Israel saat ini adalah negara industri dengan sebagian besar manufakturnya berdasarkan penelitian & pengembangan yang intensif dan canggih serta disokong proses, peralatan, dan mesin berteknologi tinggi.


"Berbeda dengan kebanyakan negara maju, yang jumlah orang yang bekerja di industri tetap stabil atau berkurang pada awal tahun 1990an, jumlah orang yang bekerja di Israel terus bertambah, dengan lebih dari 25% tenaga kerja industri bekerja di bidang manufaktur berteknologi tinggi," tulis situs resmi Kedutaan Israel di Inggris, dikutip Kamis (25/4/2024).


Menurut para ahli PBB, kualitas penelitian dan pengembangan ekonomi di Israel termasuk dalam peringkat 10 teratas di dunia. 


Kontribusi ini dihasilkan dari investasi besar dalam penelitian dan pengembangan, yang menghabiskan 4,9% PDB Israel.


Dari segi mineral, Israel adalah pusat manufaktur dan perdagangan berlian terkemuka di dunia. Ini disebabkan kemajuan negara itu dalam sektor pengolahan berlian.


"Israel Diamond Exchange adalah lantai perdagangan berlian terbesar di dunia, yang menampung seluruh fungsi operasional dan kebutuhan setiap pembeli berlian dalam satu atap," tambahnya.


Selain itu, Israel juga disebut mencetak kemajuan dalam bidang agrikultur. Hal ini terlihat dari jumlah luas lahan pertanian yang saat ini merupakan 2,6 kali lipat dari kemerdekaan pada tahun 1948.


Luas lahan yang beririgasi juga meningkat 8 kali lipat menjadi sekitar 0,6 juta hektar hingga pertengahan tahun 1980-an


"Rahasia keberhasilan pertanian Israel saat ini terletak pada interaksi erat antara petani dan peneliti yang disponsori pemerintah, yang bekerja sama dalam mengembangkan dan menerapkan metode canggih di semua cabang pertanian, serta kemajuan teknologi, teknik irigasi baru, dan peralatan agro-mekanikal yang inovatif," tambah keterangan Kedutaan Israel London.


Kemudian, Israel telah mendapatkan reputasi luar biasa sebagai 'Negara Startup' dunia. Meskipun ukuran geografisnya kecil dan usianya yang relatif muda, Israel telah menjadi pemimpin global dalam inovasi dan kewirausahaan.


Salah satu startup asal Israel yang terkenal di kancah global adalah Waze. Waze merupakan layanan peta digital dengan data real time dari para penggunanya.


Aplikasi itu akan memberikan rute terbaik dengan mengukur semua yang terjadi di jalan, seperti macet hingga kecelakaan. Ini pun lazim digunakan warga di banyak negara termasuk RI.


Ada juga Firebolt, yang mengembangkan data cloud untuk pengguna bisa menyederhanakan akses ke wawasan dan kemampuan analisa mereka. Pengguna juga dapat analisis sub-second dan memanfaatkan teknologi komputasi serta penyimpanan yang dioptimalkan dalam aplikasi buatan Israel ini.


Sumber Lain

Tak hanya sumber itu, Israel juga mendapatkan sokongan dari sekutu dekatnya, Amerika serikat. Melansir Al Jazeera, Israel adalah penerima bantuan luar negeri AS yang paling signifikan. 


Israel dilaporkan telah menerima sekitar US$263 miliar atau setara Rp4.268,22 triliun sejak 1946 hingga 2023 dari negara itu.


Sumber: CNBC

Penulis blog