HUKUM

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp 271 T, Siapa Dia?

DEMOCRAZY.ID
April 22, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp 271 T, Siapa Dia?

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp 271 T, Siapa Dia?


DEMOCRAZY.ID - Beberapa waktu lalu Iskandar Sitorus selaku Sekretaris dari DPP Indonesia Audit Watch sempat membongkar inisial publik figur yang terseret dalam kasus mega korupsi timah yang melibatkan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan Helena Lim. 


Dalam kesempatan tersebut, Iskandar Sitorus juga mengatakan bahwa ada inisial baru yang terlibat dalam kasus korupsi sampai merugikan negara Rp271 triliun tersebut. 


Ia mengatakan bahwa orang tersebut memiliki jabatan penting sebagai abdi negara. 


Namun, belum diketahui dari institusi mana abdi negara yang berperan penting dalam kasus tersebut. 


Pada awalnya, Iskandar Sitorus menjelaskan peran Helena Lim dan Harvey Moeis dalam kasus korupsi yang melibatkan sekitar belasan orang tersebut. 


"Kami sebut Helena Lim itu hanya keset kaki. Di atas keset kaki itu sepatunya Harvey Moeis. Kemudian, Robert Bonosusatya alias RBS bertindak sebagai 'kaos kaki' yang berada di atas Harvey Moeis, suami Sandra Dewi. Nah yang jadi kaos kaki itu udah pasti RBS," ujar Iskandar saat diundang dalam tayangan podcast bersama Uya Kuya.


Iskandar Sitorus kemudian menyinggung bahwa ada seorang mantan pensiunan bintang empat atau jenderal yang berinisial B. 


Peran sang jenderal dalam kasus korupsi tersebut adalah menjadi backing atau untuk menutupi kasus tersebut dari publik. 


"Ada oknum yang berkuasa, yang sampai punya bintang 4 di pundak, mantan pensiunan, gitu intinya. Berseragam karena dalam warna-warni kejahatan mereka tak akan berhitung kalau tidak pada aparat," bebernya.


"Habis itu ya biasanya mereka bergantung pada kelompok kuat yang solid atau terorganisir. Kita sebut saja oknum itu pernah berbintang empat inisial B itu aja dulu," lanjutnya.


Ia mengatakan bahwa sosok yang berinsial B tersebut sudah lama dicurigai ikut dalam mengorganisir proyek tambah timah ilegal sejak lama. 


Sehingga Iskandar mengatakan bahwa kasus tersebut cukup untuk untuk didalami. 


"Ini orang yang kita duga mengorganisir sampai terjadi pembelian smelter, smelter ini kan dibeli dari orang-orang yang bener-bener kaya, tetapi pembelinya tidak benar-benar kaya, kan unik kasus ini," pungkasnya.


Sampai saat ini, kasus mega korupsi tersebut masih dalam tahap penyelidikan. 


Sandra Dewi pun kembali diperiksa oleh Kejaksaan Agung sedangkan sang suami Harvey Moeis masih harus ditahan untuk mengungkap dan membongkar tuntas kasus tersebut. 


Sumber: VIVA

Penulis blog