POLITIK

Bobby dan Gibran Dapat Satyalencana, Rocky Gerung Kasih Sindiran Menohok

DEMOCRAZY.ID
April 25, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Bobby dan Gibran Dapat Satyalencana, Rocky Gerung Kasih Sindiran Menohok

Bobby dan Gibran Dapat Satyalencana, Rocky Gerung Kasih Sindiran Menohok


DEMOCRAZY.ID - Presiden Jokowi akan memberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 15 kepala daerah pada hari ini, Kamis (25/4). 


Dari ke-15 kepala daerah itu, dua ialah kerabatnya, sang putra Gibran Rakabuming Raka dan menantu Bobby Nasution.


Penghargaan kepada Bobby dan Gibran serta 13 kepala daerah lainnya berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021.


Pro kontra pun muncul di ruang publik terkait hal ini. Rocky Gerung mengkritisi penghargaan yang akan diserahkan Jokowi kepada kerabatnya tersebut.


Menurut Rocky, penghargaan Satyalencana kepada Bobby dan Gibran makin memperjelas dinasti yang awalnya terlihat samar-samar menjadi terang benderang.


Awalnya Rocky mengkritisi perihal penetapan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh KPU dan bagaimana keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan dari paslon 01 dan 03.


Rocky bilang bahwa saat Jokowi menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Prabowo, seharusnya muncul transisi. 


Transisi kata Rocky seharusnya peralihan dari hal yang baik menjadi lebih baik bukan justru sebaliknya.


"Buktinya apa, 25 April hari otonomi daerah, Jokowi akan memasangkan lencana kepada dua anaknya. Satu Gibran, satu lagi Bobby. Orang akan melihat, oh itu yang dilantik kemarin di KPU, sebelumnya ibu Iriana dikalungkan sendiri lencana oleh Presiden Jokowi," ucap Rocky Gerung seperti dikutip.


"Jadi terhubung lagi kesamar-samaran dari satu dinasti, besok (hari ini) menjadi nyata. Kan dasarnya itu," tambah Rocky Gerung.


Selain Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming Raka yang mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi pada hari Otonomi Daerah ke-28, diantaranya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi; dan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.


Kemudian Wali Kota Bogor, Bima Arya; Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara; Wali Kota Banten, Syafrudin; dan Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara, Kery Saiful Konggoasa.


Ada Bupati Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Achmad Fikry; Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta; Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah; Bupati Wonogiri, Joko Sutopo; Bupati Kulon Progo, Sutedjo; dan Bupati Sumedang, Dony Achmad Munir.


Tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini diberikan melalui Keputusan Presiden dan diserahkan kepada penyelenggara pemerintah daerah atas jasa besar atau prestasi kinerja yang sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.


Sumber: Suara

Penulis blog