POLITIK

Gantikan Anwar Usman Jadi Ketua MK, Kekayaan Suhartoyo dan Paman Gibran Bak Bumi vs Langit

DEMOCRAZY.ID
April 27, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Gantikan Anwar Usman Jadi Ketua MK, Kekayaan Suhartoyo dan Paman Gibran Bak Bumi vs Langit

Gantikan Anwar Usman Jadi Ketua MK, Kekayaan Suhartoyo dan Paman Gibran Bak Bumi vs Langit


DEMOCRAZY.ID - Juru bicara Timnas AMIN Said Didu blak-blakan menyebut Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo sebagai pelakon drama Korea yang mumpuni setelah menolak semua gugatan yang diajukan oleh kubu 01 dan 03 di sengketa Pilpres 2024.


Hal ini membuat perjalanan karier Suhartoyo ikut disorot publik, termasuk riwayatnya yang baru dipilih menjadi Ketua MK selepas Anwar Usman dicopot akibat pelanggaran kode etik.


Terpilih menggantikan Anwar, harta kekayaan Suhartoyo ternyata berbeda jomplang dari adik ipar Presiden Joko Widodo tersebut.


Harta Kekayaan Suhartoyo


Dilihat dalam LHKPN-nya per tanggal 31 Desember 2023, Suhartoyo ternyata memiliki harta kekayaan sebesar Rp11,29 miliar.


Porsi aset terbesarnya adalah berupa tanah dan bangunan dengan nilai total Rp4,49 miliar. 


Tanah dan bangunannya tersebar di beberapa provinsi, di mana hampir semuanya diakui sebagai hasil sendiri.


Isi garasi Suhartoyo kebanyakan diisi dengan mobil klasik senilai total Rp700 juta. 


Terpantau Suhartoyo memiliki Toyota Hardtop Jeep 1982, Jeep Wilys Jeep 1960, dan Alphard Tipe G 2018.


Selain itu, Suhartoyo mempunyai harta bergerak lainnya Rp188 juta, serta kas dan setara kas sebesar Rp3,92 miliar. Suhartoyo mengaku tidak memiliki utang di LHKPN-nya.


Harta Kekayaan Anwar Usman


Menurut LHKPN yang dilaporkannya per 31 Desember 2023, harta kekayaan Anwar Usman adalah sebesar Rp36,81 miliar. Seperti Suhartoyo, Anwar mengaku tidak memiliki utang.


Porsi aset terbesarnya adalah kas dan setara kas dengan nilai total Rp30,83 miliar. Kemudian Anwar juga mempunyai 31 bidang tanah dan bangunan senilai Rp5,24 miliar. Sejumlah aset ini diakui sebagai warisan dan berlokasi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.


Selain itu, Anwar mempunyai 4 unit mobil dna sebuah sepeda motor dengan nilai total Rp293,75 juta. Kemudian Anwar juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp450 juta.


Sumber: Suara

Penulis blog