EKBIS

Apple Investasi di Vietnam Rp 256,5 Triliun, Indonesia Rp 1,6 Triliun

DEMOCRAZY.ID
April 18, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Apple Investasi di Vietnam Rp 256,5 Triliun, Indonesia Rp 1,6 Triliun

Apple Investasi di Vietnam Rp 256,5 Triliun, Indonesia Rp 1,6 Triliun


DEMOCRAZY.ID - CEO Apple Tim Cook berinvestasi total 400 triliun dong atau sekitar Rp 256,5 triliun di Vietnam sejak 2019. 


Di Indonesia, mereka berinvestasi total Rp 1,6 triliun sejak membangun Apple Developer Academy pada 2018.


Saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini (17/4), Tim Cook menyampaikan akan membangun Apple Developer Academy keempat di Bali.


“Investasi untuk tiga Apple Developer Academy Rp 1,2 triliun. Jika ditambah satu lagi di Bali, maka menjadi Rp 1,6 triliun,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Budi Arie Setiadi, Rabu (17/4).


Daftar Apple Developer Academy di Indonesia yakni:


Apple Developer Academy di Binus BSD, Serpong, Tangerang

Apple Developer Academy di Universitas Ciputra di Surabaya

Apple Developer Academy di Infinite Learning di Batam

Apple Developer Academy di Bali


Terkait Apple Store, Budi menyampaikan Apple masih mempertimbangkan. 


“Yang lain-lain mereka sedang pertimbangkan. Tapi dari komitmen dan keseriusan, mereka berharap Indonesia terlibat proses produksi dan pengembangan lebih lanjut,” ujar Budi.


Begitu juga dengan pabrik iPhone. 


“Kami berbicara tentang keinginan Presiden (Jokowi) untuk meninjau (pembangunan) manufaktur di dalam negeri. Dan itu sesuatu yang akan kami tinjau,” ujar Tim Cook usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini (17/4).


Tim Cook juga berkunjung ke Vietnam pada Senin (15/4). CEO Apple ini menambah investasi di negara ini.


Apple mulai beroperasi di Vietnam lebih dari satu dekade lalu. Produsen iPhone ini menyebut sudah menciptakan lebih dari 200 ribu lapangan kerja di negara ini.


Perusahaan Amerika itu memiliki 26 pemasok dengan 28 pabrik di Vietnam, menurut daftar 2022. 


Sebagian besar berlokasi di bagian utara, sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rantai pasok yang ada di Cina selatan.


Vietnam Utara juga secara historis merupakan pusat pembuatan produk elektronik, serta memiliki tenaga kerja yang murah dan terampil.


“Tidak ada tempat seperti Vietnam, negara yang dinamis dan indah,” kata Tim Cook dalam siaran pers, Senin (15/4).


Apple pun meningkat investasi di Vietnam dua kali lipat sejak 2019. Total investasi sejak 2019 400 triliun dong atau sekitar Rp 256,5 triliun.


Apple bekerja sama dengan organisasi-organisasi lokal untuk memasok air bersih dan energi bersih di sekolah-sekolah di pedesaan Vietnam.


"Dari bermitra dengan pemasok lokal hingga mendukung proyek air bersih dan kesempatan pendidikan, kami berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan di Vietnam," kata Tim Cook.


Sumber: KataData

Penulis blog