POLITIK

Pengamat Sebut Proyek IKN Sebagai Alat Pemecah Belah Bangsa, Ini Alasannya

DEMOCRAZY.ID
Desember 13, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pengamat Sebut Proyek IKN Sebagai Alat Pemecah Belah Bangsa, Ini Alasannya

Pengamat Sebut Proyek IKN Sebagai Alat Pemecah Belah Bangsa, Ini Alasannya

DEMOCRAZY.ID - Pengamat Politik Rocky Gerung terus memberikan penilaian ke salah satu proyek terbesar Presiden Joko Widodo selama dua periode masa kepemimpinannya, yakni proyek IKN Nusantara.


Merujuk pada salah satu pernyataan Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdam yang menginginkan adanya perguruan tinggi, Rocky menilai bahwa pemimpin kabupaten itu sudah menyadari persaingan setelah IKN dibangun.


Persaingan dalam bidang pengetahuan dan kemampuan antara penduduk lokal dengan penduduk pendatang di Kalimantan ini menjadi fokus dari Rocky.


Ia pun menilai bahwa keinginan Hamdam merupakan tombak ukur yang besar atas pembangunan proyek tersebut.


“IKN ini sebagai alat pemecah bangsa sebetulnya kalau kita liat dari perspektif Pak Bupati itu,” ujar Rocky mengutip dari kanal YouTube pribadinya pada Senin (12/12/2022).


Kemegahan IKN di Kalimantan sendiri tak akan memberikan dampak besar dari segi sumber daya masyarakat lokalnya.


Pasalnya, kemegahan ini hanya akan diisi oleh penduduk di luar Kalimantan yang memiliki intelektual dari ibu kota sebelumnya.


“Ada IKN yang mewah, tetapi isinya teknokrat, birokrat, intelektual dari Jakarta, sementara masyarakat Kalimantan Timur hanya bisa menonton,” ucapnya.


Kembali kepada keinginan Hamdam agar dibangunnya perguruan tinggi di Penajam Paser Utara, Rocky menyinggung salah satu alasan mengapa universitas perlu dibangun di kabupaten tersebut.


“Komposisi-komposisi kekuasaan di IKN itu tidak mungkin diduduki oleh masyarakat lokal karena kapasitasnya tidak ada,” jelas Rocky.


Mantan Dosen Universitas Indonesia itu pun menyinggung betapa pentingnya universitas untuk meningkatkan taraf kapasitas penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara.


Bagaimanapun juga, Kalimantan akan kedatangan banyak penduduk dari luar wilayah tersebut mengingat adanya proyek IKN. 


Pertumbuhan IKN Tak Akan Dinikmati Masyarakat Kalimantan


Akademisi dan Intelektual Publik Rocky Gerung mengatakan bahwa IKN akan memberikan dampak kepada Kalimantan, salah satunya dalam aspek pertumbuhan.


Namun, ada hal yang perlu digarisbawahi dalam pertumbuhan tersebut, yakni dampak kepada masyarakatnya.


“Pertumbuhan itu tidak akan dinikmati oleh masyarakat Kalimantan,” ujar Rocky dikutip dari kanal YouTube pribadinya pada Senin (12/12/2022).


Ada alasan mengapa Rocky menyebutkan bahwa masyarakat tak akan menikmati pertumbuhan tersebut, yakni karena kapasitas masyarakatnya.


Selain itu, proyek IKN pun akan mengambil banyak pekerja dari luar Kalimantan, khususnya dari Jakarta


“Kapasitas (masyarakat Kalimantan) untuk ikut di dalam pertumbuhan itu tidak ada tuh,” katanya.


Sejalan dengan keinginan Plt Bupati Penajam Panser Utara, Kalimantan yang menginginkan adanya perguruan tinggi, Rocky menganggap bahwa keinginan tersebut harus terwujud.


Pasalnya, kurangnya kapasitas masyarakat Kalimantan ini akan membuat mereka tertinggal dari para penduduk yang datang dari luar kota.


“Komposisi-komposisi kekuasaan di IKN itu tidak mungkin diduduki oleh masyarakat lokal karena kapasitasnya tidak ada,”  jelas Rocky.


Mantan Dosen Universitas Indonesia itu pun menyinggung betapa pentingnya universitas untuk meningkatkan taraf kapasitas penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara.


Persaingan pengetahuan pun akan ada bila universitas tak kunjung ada di wilayah tersebut hingga IKN selesai dibangun.


“Kalau enggak ada universitas, artinya persaingan pengetahuan di situ akan dikalahkan oleh mereka yang datang dari luar Kalimantan,” ujarnya. [Democrazy/KJ]

Penulis blog