Breaking

logo

16 Desember 2022

Dituduh Cetak Uang 'Seri Khusus' untuk Pernikahan Kaesang, Respons BI: Kami Hanya Bantu Mencarikan

Dituduh Cetak Uang 'Seri Khusus' untuk Pernikahan Kaesang, Respons BI: Kami Hanya Bantu Mencarikan

Dituduh Cetak Uang 'Seri Khusus' untuk Pernikahan Kaesang, Respons BI: Kami Hanya Bantu Mencarikan

DEMOCRAZY.IDBeberapa waktu lalu, uang mahar yang diberikan Kaesang Pangarep kepada Erina Gudono sempat mencuri perhatian netizen. 


Pasalnya, uang mahar tersebut memiliki nomor seri yang cukup unik.


Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan Bank Indonesia tidak secara khusus melakukan pencetakan uang mahar tersebut.


Lebih lanjut, dirinya mengatakan dalam pelaksanaan pencetakan dan pemberian nomor seri uang Rupiah kertas, Bank Indonesia (BI) menerapkan pola kombinasi berurutan (aritmetik) mengikuti urutan huruf dan angka sedemikian rupa sehingga tidak terdapat nomor seri ganda pada uang Rupiah yang dicetak Bank Indonesia. 


Uang Rupiah yang telah dicetak tersebut, selanjutnya disimpan di khazanah Bank Indonesia untuk menjadi persediaan uang nasional dan memenuhi kebutuhan layanan kas.


"Jadi tidak benar kalau BI melakukan pencetakan khusus. Kalau dicetak secara khusus, kitanya yang repot. Jadi memang karena sudah ada di dalam khazanah BI saja, kebetulan nomornya pas ya terus kemudian ditukarkan," ucap Erwin, Jum'at (16/12/2022).


Erwin mengatakan, Bank Indonesia dapat melakukan pengeluaran dan pengedaran uang Rupiah dengan nomor seri tertentu yang masih tersimpan di khazanah dengan mempertimbangkan momentum spesial yang menjadi pusat perhatian khalayak sebagai sarana untuk memperkenalkan uang Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sekaligus representasi keluhuran budaya bangsa (kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah). 


Dalam hal ini, salah satu contohnya saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.


"Karena ini kami lihat dampaknya cukup besar ya kemudian kita tukarkan tadi (uangnya). Nah, ini untuk kepentingan khusus saja. Kepentingan khusus seperti apa yaitu yang sifatnya judgemental, artinya ada judgement di sisi kami. Nah, dalam hal ini untuk kepentingan kampanye uang baru supaya bisa dikenal oleh masyarakat," jelasnya.


Selain itu, Erwin pun menegaskan kembali bahwa setiap orang tidak bisa meminta pencetakan uang khusus dengan nomor seri tertentu karena dapat mengganggu proses pencetakan uang di Perum Peruri.


Sebelumnya diberitakan, tiga lembar uang Rp 100.000 yang dipakai Kaesang sebagai mahar Erina Gudono mempunyai nomor seri, KSE 10122022, ESG 111296, dan KSP 251294.



KSE 10122022 sendiri menunjukkan singkatan dari Kaesang Erina dan tanggal pernikahan mereka, 10 Desember 2022. 


Lalu, ESG 111296 merupakan inisial dari Erina Sofia Gudono dan tanggal lahirnya, yakni 11 Desember 1996. 


Sementara lembar Rp 100.000 terakhir mempunyai seri KSP 251294 yang merupakan inisial Kaesang Pangarep dan tanggal lahirnya 25 Desember 1994. [Democrazy]