Breaking

logo

11 Juli 2022

Singgung Anak-Anak Pakai Bendera Palestina, Gus Muwafiq: Tidak Bangga Dengan Bangsa Sendiri!

Singgung Anak-Anak Pakai Bendera Palestina, Gus Muwafiq: Tidak Bangga Dengan Bangsa Sendiri!

Singgung Anak-Anak Pakai Bendera Palestina, Gus Muwafiq: Tidak Bangga Dengan Bangsa Sendiri!

DEMOCRAZY.ID - Gus Muwafiq, salah satu tokoh agama dari Indonesia itu singgung fenomena anak-anak pakai bendera Palestina. 


Gus Muwafiq menyebut banyak anak-anak disuruh pakai bendera Palestina, baginya itu merupakan fenomena yang cukup miris lantaran menandakan kita tidak bangga dengan bangsa sendiri. 


Lebih lanjut dirinya menyampaikan pendapat bahwa hal tersebut berdampak pada fenomena umat islam yang tidak bangga kalau tidak berbau Arab.


Gus Muwafiq menyampaikan itu dalam salah satu webijar yang dadakan oleh TV NU, diunggah oleh channel youtube officialnya sebagaimana dilansir pada Senin, 11 Juli 2022. 


Video itu merupakan video lawas dengan judul ‘Meneguhkan Pancasila dalam Kebhinekaan Indonesia‘. 


Dalam Webinar itu Gus Muwafiq menekankan pentingnya rasa percaya diri dan bangga jadi bangsa sendiri.


“Anak-anak kecil kemana-mana disuruh pakai bendera Palestina, ini kan kemudian kita gak ini,” ujar Gus Muwafiq menjelaskan. 


“Yang islam gak bangga kalau tidak berbau Arab, yang modern gak bangga kalau tidak berbau Eropa,” ujar Gus Muwafiq melanjutkan. 


“Kita tidak pernah merasa bangga dengan bangsa sendiri,” ujar Gus Muwafiq melanjutkan penjelasannya.


“Ini menjadi persoalan yang harus ditanggung, yang harus disadari kita tanggung,” ujarnya melanjutkan. 


“Bayangkan mereka punya bangsa tapi tidak punya kedamaian hidup bersama, di Afghanistan di Pakistan, potensi untuk meledak sangat kuat,” ujar Gus Muwafiq melanjutkan. 


“Kalau di Indonesia misalnya, gerakan terorisme tiba-tiba bisa patah, kenapa? Karena seluruh rakyat Indonesia lebih menyukai kedamaian,” ujar Gus Muwafiq melanjutkan. [Democrazy/terkini]