PERISTIWA POLITIK

Anies Pasrah Pipinya Dicubit Emak-emak di Kamal Muara

DEMOCRAZY.ID
Juni 30, 2022
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
Anies Pasrah Pipinya Dicubit Emak-emak di Kamal Muara

Anies Pasrah Pipinya Dicubit Emak-emak di Kamal Muara

DEMOCRAZY.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membagikan momen saat menghadiri acara syukuran atas masuknya pipa air bersih ke warga Kamal Muara, Jakarta Utara, Kamis, 29 Juni 2022.  


Ada momen menarik dalam foto-foto yang diunggah Anies saat bertemu warga di Kamal Muara.


Anies disambut meriah dan menyapa warga setempat. 


Anies memamerkan foto sedang dikerumuni emak-emak dan membiarkan pipinya dicubit saat menghadiri acara syukuran air pipa bersih di lokasi itu. 



Dalam acara hajatan ini, Anies hadir bersama Dirut PAM Jaya Syamsul Bachri, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan jajaran, serta anggota DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar dan Gani Suwondo, meletakkan pipa untuk pemasangan tahap lanjutan, agar warga Kamal Muara dapat akses air bersih secara merata.


"Alhamdulillah pagi ini kita hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, mensyukuri 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan ini. Selama puluhan tahun warga harus membeli air di jeriken atau menadah air hujan," kata Anies seperti dikutip dari akun Instagramnya @aniesbaswedan.


Menurut Anies, perhitungan PAM Jaya, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan, dengan total pengeluaran per bulannya Rp800 ribu-Rp 1 juta. 


Namun, setelah ada pipa air bersih, kini warga hanya bayar Rp50 ribu sampai Rp 80 ribu per bulan.


"Ini penghematan yang luar biasa. Biaya yang tadinya habis untuk belanja air bisa turun 95 persen. Artinya pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lainnya," ungkapnya.


Anies menjelaskan pemasangan pipa air bersih merupakan komitmen Pemprov DKI dalam rangka pemerataan keadilan sosial dan mengurangi penurunan muka tanah serta kerusakan lingkungan di Jakarta.


Saat ini, tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. 


Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12. Juga 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang tersambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01 – 08. 


"Total sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM Jaya melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini akan terus bertambah," ujar Anies.


Anies mengapresiasi seluruh jajaran PAM Jaya atas upayanya memastikan pipa air bersih menjangkau sampai ujung kampung. 


Ia berharap jaringan PAM ini menjadi keberkahan bagi masyarakat Kamal Muara.


"Terima kasih juga atas dukungan teman-teman anggota dewan, Pak Gani dan Pak Basri yang dapilnya di Kamal Muara juga," terang Anies. [Democrazy/viva]

Penulis blog