-->

Breaking

logo

11 Mei 2022

Megawati Terharu Jadi Orang Asia Pertama Terima Gelar Kehormatan SIA

Megawati Terharu Jadi Orang Asia Pertama Terima Gelar Kehormatan SIA

Megawati Terharu Jadi Orang Asia Pertama Terima Gelar Kehormatan SIA

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menjadi orang pertama di Asia yang dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Intitute of the Arts (SIA).  


Penghargaaan ini diberikan kepada Megawati atas komitmennya memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea, serta perhatiannya yang begitu besar terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan.  


"Saya sungguh mengucapkan terima kasih dari Seoul Intitute of the Arts kepada saya. Suatu penghormatan gelar profesor ini tidak hanya berarti bagi saya pribadi, namun juga bagi keluarga besar Bung Karno, bapak saya, proklamator dan bapak bangsa Indonesia, dan bagi seluruh jajaran PDIP yang saya pimpin," kata Megawati dalam sambutannya dikutip dari Youtube PDIP, Rabu, 11 Mei 2022.


Mengawati mengaku sangat terharu ketika membaca surat dari President Seoul Intitute of the Arts (SIA), Nam-Sik Lee terkait kesediaan menerima gelar kehormatan ini. 


Terlebih ketika Lee menyampaikan bahwa Ia merupakan orang pertama di Asia yang menerima gelar kehormatan dari SIA. 


"Saya sungguh terharu, terutama bahwa saya bukan hanya orang Indonesia pertama menerima penghormatan ini, namun juga sebagai orang Asia pertama, sungguh ini merupakan tanggung jawab yang penuh dengan penghormatan dan tanggung jawab besar terlebih atas pertimbangan bahwa saya memiliki komitmen yang tinggi terhadap perdamaian dunia, juga didalam membangun demokrasi serta komitmen terhadap lingkungan dan kebudayaan," paparnya. 


Megawati menambahkan kebudayaan merupakan hal mendasar dalam membentuk karakter sebuah bangsa. 


Di Indonesia, kata dia, saripati kebudayaan itu tercermin dalam falsafah negara bangsa yang disebut Pancasila. 


"Dalam Pancasila terkandung prinsip Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan, Kebangsaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial. Pancasila tidak hanya menyatukan Indonesia yang begitu beragam, namun juga menjadi sistem politik, sistem ekonomi dan kebudayaan kami," ujarnya.


Sebelumnya, Seoul Institute of the Arts (SIA) menganugerahkan gelar profesor kehormatan kepada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri atas komitmennya mempromosikan seni-budaya, ekonomi kreatif, memperjuangkan kedamaian dan demokrasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik. 


Megawati juga memimpin riset dan inovasi, serta menjadi role model generasi masa depan.  


"Ibu Megawati, kami sangat terhormat untuk menjadikan Anda masuk dalam jajaran profesor kehormatan Seoul Intitute of the Arts (SIA). Kami ingin mendapatkan kebijaksanaan dan pengetahuan untuk berkolaborasi secara baik dengan kebudayaan Indonesia. Mari kita ciptakan jalan baru bagi Asia untuk mengapus sekat-sekat," ujar Lee dikutip dari siaran langsung di Youtube PDIP, Rabu, 11 Mei 2022. 


Dalam surat keputusan Dewan Akademik SIA, Megawati Soekarnoputri dianugerahkan penghargaan Ketua Guru Besar Kehormatan atas pengakuan dan karya-karya luar biasa di bidang politik dan sosial pada kebijakan ilmu seni dan ekonomi kreatif. [Democrazy/viva]