DAERAH POLITIK

Setelah Jokowi di NTT, Kini Giliran Ma'ruf Amin Tanam Jagung dan Kedelai di Jabar

DEMOCRAZY.ID
Maret 28, 2022
0 Komentar
Beranda
DAERAH
POLITIK
Setelah Jokowi di NTT, Kini Giliran Ma'ruf Amin Tanam Jagung dan Kedelai di Jabar

Setelah Jokowi di NTT, Kini Giliran Ma'ruf Amin Tanam Jagung dan Kedelai di Jabar

DEMOCRAZY.ID - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau lokasi penanaman jagung dan kedelai di Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Senin (28/3/2022).


Di sana, Ma'ruf menerima laporan dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian tentang gambaran umum lahan, varietas tanaman, dan metode penanaman menggunakan pola tumpang sari.


Wapres kemudian turut menanam jagung hibrida varietas Pioner P35 yang merupakan jenis jagung dengan ketahanan genetis alami terhadap penyakit bulai yang dapat menghemat biaya produksi, serta menanam benih kedelai varietas Anjasmoro.


Dengan menggunakan alat tanam, Wapres didampingi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, secara bersamaan ikut menanam jagung.


Selanjutnya, Wapres menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian dari Kementerian Pertanian dan hewan ternak kepada 6 orang perwakilan petani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).


Sebagai informasi, penanaman jagung dan kedelai perdana di lahan ini merupakan kerja sama antara Yayasan Dewa Dewi Dedi Indonesia dengan Kementerian Pertanian, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, dan Perum Perhutani.


Seluruh saran produksi pertanian (saprotan), seperti benih, pupuk, insektisida, alsinta, pompa air dan perpipaan, dryer untuk pasca panen, biaya pengolahan tanah disiapkan Kementerian Pertanian.


Sedangkan lahan disiapkan Perhutani untuk dikerjakan petani pengelola yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Gapoktan di sekitar kawasan hutan.


Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ikut menanam jagung di ladang lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Berdasarkan pantauan di akun Youtube Sekretariat Presiden tampak sang kepala negara, bersepatu sneaker, celana panjang hitam, dan kemeja putih--Jokowi menanam bibit jagung di ladang didampingi sejumlah petani penggarap.


Dia menanam jagung menggunakan mesin penanam.


Setelah selesai menanam bibit, ia pun meresmikan lumbung pangan seluas 53 hektare itu. 


Dia berencana akan memperluas dan menambah lumbung pangan. [Democrazy/era]

Penulis blog