-->

Breaking

logo

13 Maret 2022

Ritual Kendi Nusantara Jokowi, Eks Menteri Doakan IKN Tak Senasib Esemka

Ritual Kendi Nusantara Jokowi, Eks Menteri Doakan IKN Tak Senasib Esemka

Ritual Kendi Nusantara Jokowi, Eks Menteri Doakan IKN Tak Senasib Esemka

DEMOCRAZY.ID - Roy Suryo menyinggung soal ritual khusus yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Ibukota Negara (IKN), Kalimantan Timur hari ini hingga Selasa pekan depan.


Roy menyebut semua ritual boleh dilakukan, asalkan diiringi doa dan niat tulus. 


Menurut Roy hal itu agar kelak nasib IKN tidak serupa dengan Esemka.


"Melakukan tradisi ritual di era Society 5.0 atau Metaverse sebagai Penghormatan Akar Budaya Adiluhung Nusantara sih boleh-boleh saja," kata Roy dalam cuitan pada akun Twitternya dikutip Minggu (13/1).


"Namun harus dilandasi Niat Tulus, Kejujuran, Usaha Keras dan Jangan lupa tetap Berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, agar tidak berujung seperti ESEMKA ...AMBYAR," sambung Roy dalam cuitannya.


Ritual yang akan dilakukan Jokowi ini diketahui dilakukan bersama 33 gubernur se-Indonesia. 


Kemudian mereka berencana menggelar ritual 'Kendi Nusantara'.


Pada ritual ini selain diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal.


Air dan tanah itu kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Nusantara.


Sementara Esemka diketahui merupakan salah satu merek mobil yang punya citra sebagai 'mobil nasional' dan lahir pada era Jokowi kala menjabat sebagai Walikota Solo.


Esemka saat ini memang telah berkembang, bahkan memiliki satu pabrik di Boyolali, Jawa Tengah dan telah punya produk perdana berjenis pikap.


Namun belakangan, nama dan produk Esemka terus meredup serta tidak terdengar pada kancah industri otomotif nasional.


Di sisi lain, pada era masih menjabat sebagai orang nomor satu di Solo (2005-2012), Jokowi kala itu juga sempat melakukan ritual khusus untuk Esemka. 


Jokowi menyiramkan air bercampur kembang ke salah satu produk Esemka berjenis SUV berkelir hitam.


Foto dari momen Jokowi saat menggelar ritual menyiram air kembang ke mobil itu kemudian turut dibagikan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dalam cuitan tersebut. [Democrazy/cnn]