AGAMA

Gus Mus Sarankan Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan, Komentar MUI Mengejutkan

DEMOCRAZY.ID
Maret 19, 2022
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Gus Mus Sarankan Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan, Komentar MUI Mengejutkan

Gus Mus Sarankan Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan, Komentar MUI Mengejutkan

DEMOCRAZY.ID - Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas angkat bicara soal pernyataan KH Mustofa Bisri atau dikenal dengan Gus Mus yang menyarankan agar tak semua masjid digunakan untuk sholat Jumat.


Sebelumnya, Mustasyar PBNU ini mengatakan pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, umat muslim melaksanakan sholat Jumat dengan berkumpul di Masjid Nabawi. Meski pada saat itu, telah banyak masjid-masjid yang muncul disana.


Merespons hal tersebut, Waketum MUI Anwar Abbas mengatakan anjuran Gus Mus akan sangat cocok diterapkan di daerah-daerah yang masjidnya besar namun memiliki jumlah jamaah yang sedikit. 


Sebab saat mereka melakukan sholat jumat atau biasa tersebar di masjid-masjid kecil di sekitarnya.


"Saya pernah sholat subuh di sebuah Masjid Agung yang sangat besar tapi jamaah sholat subuhnya hanya 7 orang dengan saya dan imamnya," kata Anwar, Jumat,(18/03/2022).


Ketua PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa sedikitnya jamaah tidak lain karena tersebarnya jamaah lain ke masjid masjid kecil. 


Sehingga pandangan Gus Mus akan penerapan sholat Jumat secara terpusat dinilai cukup baik guna meningkatkan syiar dan kesemarakan masjid-masjid besar di Indonesia.


"Jadi imbauan Gus Mus itu menurut saya terasa sangat penting untuk kita perhatikan di daerah yang seperti itu. Karena hal demikian akan membuat syiar dan kesemarakan sholat jumat akan meningkat," pungkasnya. [Democrazy/oke]

Penulis blog