-->

Breaking

logo

28 Desember 2021

Viral! Polisi Hentikan Mobil Ambulans Demi Konvoi PM Malaysia, Warganet: Nyawa Boleh Ditunggu?

Viral! Polisi Hentikan Mobil Ambulans Demi Konvoi PM Malaysia, Warganet: Nyawa Boleh Ditunggu?

Viral! Polisi Hentikan Mobil Ambulans Demi Konvoi PM Malaysia, Warganet: Nyawa Boleh Ditunggu?

DEMOCRAZY.ID - Media sosial di Malaysia dihebohkan mobil ambulans diberhentikan oleh pasukan pengamanan iring-iringan Perdana Menteri Malaysia di persimpangan jalan.


Mobil ambulans diberhentikan guna mendahulukan konvoi PM yang dikawal polisi lalu lintas Malaysia.


Berdasarkan informasi yang beredar rombongan PM itu sedang melakukan perjalanan untuk kunjungan lapangan di Hulu Langat setelah diterpan banjir bandang di Selangor.


Viralnya video penyetopan mobil ambulan itu menuai kecaman warganet Malaysia. 


Warganet menuding cara yang dilakukan polisi Malaysia kurang tepat karena mendahulukan iring-iringan PM Malaysia ketimbang memprioritaskan ambulans yang sedang terburu-buru ke rumah sakit.


Ambulans milik masyarakat Bulan Sabit Merah dan sebuah mobil offroad terpaksa berhenti karena menunggu iring-iringan PM. Padahal mobil tersebut berhenti dengan sirine ambulans yang berbunyi.



Menyikapi hal tersebut Kepala Depatemen Investigasi dan penegakan Lalu Lintas (JSPT) Selangor, Supt. Azman Syari’at mengatakan, Tindakan itu diambil guna mencegah laka lantas di persimpangan karena konvoi PM segera melintas dengan kecepatan tinggi.


Azman menambahkan diberhentikan karena konvoi sudah dekat dengan perimpangan tersebut sehingga untuk menghindari tabrakan, ambulans tersebut diberhentikan.


Azman menyatakan keputusan polisi lalu lint aitu sesuai dengan Peraturan Lalu Lintas No 9 LN 166/1959 Undang-Undang Angkutan Jalan 1987.


"Dalam situasi yang terlihat dalam video, jika anggota lalu lintas di persimpangan mengutamakan kendaraan 4x4 dan ambulans milik Masyarakat Bulan Sabit Merah yang ingin keluar dari persimpangan ke jalan utama, itu adalah tindakan yang akan menimbulkan risiko kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan. Oleh karena itu, konvoi di jalan utama diberikan jalur prioritas untuk menghindari kecelakaan selain dengan mempertimbangkan penilaian awal yang telah dilakukan oleh petugas lalu lintas," kata Azman Syari'at yang dikutip The Rakyat Post.


Sementara itu Azman mengatakan setelah iring-iringan melintasi persimpangan tempat ambulan berhenti, petugas langsung memprioritaskan ambulan melintasi ke jalur yang semestinya.


Netizen Malaysia yang pertama kali mengunggah video tersebut adalah akun @syzwnrose.


“Nyawa boleh tunggu, VIP jalan dulu #maluapabossku,” tulis aku @syzwnrose disertai unggahan video penyetopan ambulan di persimpangan jalan, Minggu (26/12/2021).


Atas unggahan video tersebut, warganet Malaysia beramai-ramai me-retweet­ unggahan video @syzwnrose.


Syazwan Shan pemilik akun @rzywnrose mengaku ikut berhenti menunggu konvoi PM melintas di persimpangan tersebut. 


Padahal Syazwan mengaku hendak menuju lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuan kepada korban bencana banjir bandang.


“Pukul 9 gerak, pukul 11.30 baru sampai disebabkan jln sesak tutup VIP nak lawat kawasan. Lihat sahaja keadaan kawasan Dusun Nanding,” tulis Syazwan.


“Setelah berjam jam beri laluan khas kepada VIP, alhamdulillah dapat juga kami bantu penduduk Dusun Nanding Grinning face Terima kasih sahabat sahabat yang bersama hari ini,” lanjut tweet Syazwan.


Syazwan bersyukur tiba di lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan. 


Ia berharap masyarakat Malaysia dan lainnya dapat meringankan beban warga yang menjadi korban banjir bandang.


“Walau rumah dilanda bah, hati atok & nenek ni tetap besar untuk terima sesiapa sahaja yang ingin membantu. Saya dan rakan2 dapat tolong mana yang mampu sahaja, moga sukarelawan hari esok & seterusnya dapat meringankan beban mereka ini,” tulis Syazwan. [Democrazy/poskota]