GLOBAL

Heboh RI Buka Hubungan dengan Israel, Ini Respons Kemenlu

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Heboh RI Buka Hubungan dengan Israel, Ini Respons Kemenlu

Heboh RI Buka Hubungan dengan Israel, Ini Respons Kemenlu

DEMOCRAZY.ID - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI buka suara mengenai kabar Menteri luar negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken meminta Indonesia agar menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Ini dilakukan saat kunjungannya ke Jakarta pekan lalu.


Juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah, mengatakan bahwa Blinken memang sempat melemparkan isu ini kepada Menlu RI Retno Marsudi. 


Namun Retno menyatakan bahwa hal itu masih sulit terwujud karena komitmen Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina.


"Isu Israel muncul disampaikan oleh Menlu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta. Menlu RI sampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan," ujar figur yang juga pernah menjadi Dubes RI untuk Kanada itu, Jumat (24/12/2021).


Sebelumnya kabar dialog normalisasi ini dikabarkan oleh beberapa pejabat Israel. 


Dalam laporan media AS Axios, otoritas Negeri Yahudi itu menyebut rencana ini tidak dapat diwujudkan dalam waktu dekat.


AS sendiri tidak memberikan tanggapannya secara langsung untuk membenarkan hal ini. 


Meski begitu, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price berujar Washington selalu ingin menggarap peluang normalisasi dengan Israel.


"Kami selalu menjajaki peluang tambahan untuk normalisasi, tetapi kami akan membiarkan diskusi itu tertutup sampai saat yang tepat," katanya.


Isu normalisasi RI-Israel bukan pertama kali mencuat. Pada awal tahun lalu sebuah laporan mengatakan bahwa pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump sedang mencoba menjajaki peluang ini.


Trump bahkan mengiming-imingi pembiayaan tambahan. Apalagi jika RI melunak dan mau membuka hubungan diplomatik dengan Tel Aviv. [Democrazy/cnbc]

Penulis blog