Pengakuan Terbaru Sukmawati: Sudah Tak Ada Orang Islam yang Wajib Ditaati, Saya Mantap Masuk Hindu | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 26 Oktober 2021

Pengakuan Terbaru Sukmawati: Sudah Tak Ada Orang Islam yang Wajib Ditaati, Saya Mantap Masuk Hindu

Pengakuan Terbaru Sukmawati: Sudah Tak Ada Orang Islam yang Wajib Ditaati, Saya Mantap Masuk Hindu

Pengakuan Terbaru Sukmawati: Sudah Tak Ada Orang Islam yang Wajib Ditaati, Saya Mantap Masuk Hindu

DEMOCRAZY.ID - Sukmawati Soekarnoputri mengungkapkan prosesnya menjadi Hindu. 


Dia mengakui sudah banyak memelajari Hindu sejak lama dan terkesima dengan ajaran Hindu. 


Namun kenapa dia baru putuskan masuk di usia 70 tahun, ternyata Sukmawati masih menghormati dan terikat dengan orang dekat yang beragama Islam.


Jadi Sukmawati aslinya sudah tertarik dengan Hindu sejak bertahun-tahun lamanya namun karena lingkaran dekatnya masih ada muslim yang ia hormati, maka dia mengurungkan niat masuk Hindu.


Sukmawati Terikat Orang Islam di Dekatnya


Sukmawati mengatakan baru bisa memantapkan masuk Hindu setelah putus keterikatan dengan orang-orang Islam terdekatnya di keluarga Sukmawati.


Anak keempat Bung Karno dan Fatmawati ini mengatakan selama ini dia menghomati apa kata orang tuanya. Selanjutnya dia patuh dan menghomati suaminya.


Nah setelah ketiganya sudah tiada, maka Sukmaati mengatakan sudah tidak ada keterikatan dengan orang yang ia yang harus mengabdikan diri.


“Karena sudah tidak ada keterikatan dengan orang tua, kalau orang tua masih ada kan harus menuruti kemauan orang tua, suami yang Islam juga sudah tidak ada (meninggal). Ayah ibu sudah tidak ada, maka panggilan jiwa saya untuk seperti (agama) leluhur eyang putri. Jadi putuskan, sudah berketetapan hati untuk kembali ke agama leluhur,” kata dia dalam konferensi pers di Bali, Selasa 26 Oktober 2021.


Sukmawati mengakui andaikan orang tuanya masih hidup tentu keduanya akan tersinggung kalau dia masuk Hindu. 


Sukma pun ngaku nggak mau melawan orang tua kalau masih hidup dengan masuk Hindu.


“Waktu ortu saya masih hidup pasti mereka akan tersinggung, saya nggak mau itu. Saya belum terpikir demikian (masuk Hindu) kan hormati orang tua. Walau agama Hindu sudah bantu saya,” kata dia.


Selepas Bung Karno dan Fatmawati meninggal dunia, orang yang wajib dipatuhi dan dihormati Sukmawati adalah suaminya, Mangkunegaran IX. 


Maka dia menghomati suaminya yang muslim, sering diskusi soal keagamaan juga.


Nah setelah suaminya meninggal pada tahun lalu, maka Sukmawati merasa sudah tidak ada lagi sosok yang wajib dia mengabdikan diri. Makanya dia mantap untuk memeluk Hindu. [Democrazy/hops]