Jakarta Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 4 Kali Berturut-turut | DEMOCRAZY News | Media Informasi Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 26 Oktober 2021

Jakarta Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 4 Kali Berturut-turut

Jakarta Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 4 Kali Berturut-turut

Jakarta Sabet Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 4 Kali Berturut-turut

DEMOCRAZY.ID - Setelah 3 tahun mempertahankan posisinya sebagai juara bertahan, di tahun ini, Pemprov DKI Jakarta kembali memenangkan penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) RI.


Penghargaan tersebut disampaikan secara virtual oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (26/10).


"Kolaborasi yang baik antarbadan publik, yaitu Pemprov DKI Jakarta, Komisi Informasi, dan masyarakat ini sangat krusial untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, serta menjadi bagian dari upaya memberikan jaminan informasi publik kepada seluruh warga Jakarta," ungkap Anies sebagaimana dikutip dari ppid.jakarta.go.id, Selasa (26/10).


Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan berdasarkan beberapa indikator, yaitu pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, dan penyediaan informasi publik khususnya saat menyebarkan informasi terkait COVID-19.


Dalam rangka menekan lonjakan kasus COVID-19, Pemprov DKI banyak melakukan inovasi seperti pembuatan website corona.jakarta.co.id, aplikasi JAKI, dan PPID untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat.


Selain itu Pemprov DKI juga menyediakan website jalahoaks.jakarta.go.id untuk menerima aduan dan klarifikasi untuk melawan berita hoaks.


Tak hanya meningkatkan inovasi dalam pembuatan aplikasi dan website, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Satgas ditingkat RW, Dasawisma dan PKK, Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), dan juga para influencer sosial media agar seluruh lapisan masyarakat memiliki kemudahan dalam mendapatkan informasi. [Democrazy/kmpr]