Keren! Mobil Nasional Vietnam Bakal Segera Mengaspal di Indonesia, ESEMKA Gimana Kabarnya? | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 01 September 2021

Keren! Mobil Nasional Vietnam Bakal Segera Mengaspal di Indonesia, ESEMKA Gimana Kabarnya?

Keren! Mobil Nasional Vietnam Bakal Segera Mengaspal di Indonesia, ESEMKA Gimana Kabarnya?

Keren! Mobil Nasional Vietnam Bakal Segera Mengaspal di Indonesia, ESEMKA Gimana Kabarnya?

DEMOCRAZY.ID - Indonesia akan kembali kedatangan satu lagi merk mobil baru yang siap bersaing di tanah air. 


Setelah sebelumnya pabrikan Tiongkok Cherry memutuskan untuk comeback, kini ada pabrikan mobil nasional Vietnam yang segera masuk Indonesia.


Pabrikan mobil Vietnam yang diduga akan masuk ke Indonesia tersebut adalah merk VinFast yang sempat viral beberapa waktu lalu.


Kehadiran VinFast di Indonesia berhembus kencang setelah merk tersebut masuk ke dalam situs Pangakalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.


Data yang masuk ke dalam situs PDKI ini meliputi bentuk mobil dan juga tanggal perlindungan hak kekayaan intelektual tersebut.


Dikutip dari situs resmi PDKI pada Rabu, 1 September 2021, mobil yang dibawa oleh VinFast ke Indonesia hadir dalam bentuk SUV 5 pintu.


Tampak data PDKI dengan nomor 3-2020-00773 membawa kewarganegaraan Vietnam di dalam datanya tersebut.


Pembawa hak paten dari mobil SUV ini tertuju pada VinFast Trading And Production Limited Liability Company dengan alamat Dinh Vu – Cat Hai Economic Zone, Cat Hai Island, Cat Hai Town, Cat Hai District, Hai Phong City, Vietnam.


Belum diketahui apa model yang akan segera diluncurkan tersebut, tapi penelusuran tim  memperkirakan model mobil tersebut adalah VinFast LUX SA2.0.


Mobil ini bukanlah mobil baru milik VinFast karena sudah meluncur di Vietnam pada tahun 2018 lalu.


Spesifikasi singkat dari Vinfast LUX SA2.0 memiliki mesin bensin 2,0 liter bertenaga 228 hp dengan torsi maksium 350 Nm.


Mesin tersebut nantinya akan dipadukan dengan sistem penggerak roda rear wheel drive (RWD) dan juga All Wheel Drive (AWD) bertransmisi 8 percepatan.


Seperti terlihat pada gambar paten, nampak kalau mobil Vietnam ini memiliki beberapa kemewahan, salah satunya dengan adanya panoramic roof di bagian atap.


Selain itu, spesifikasi mobil ini dipenuhi oleh berbagai fitur unggulan seperti head unit layar sentuh berukuran 10,4 inci dengan 8-speaker, Wireless Charger, pengaturan AC Auto Dual Zone, Airbags, ABS, EBD, Brake Assist, Electronic Stability Control, Roll Over Mitigation, Hill Start Assist, Hill Descent Control, dan kamera parkir 360 derajat.


Dengan spesifikasi seperti itu? Kapan VinFast meluncur di Indonesia?


Sayangnya tak ada kejelasan kapan mobil asal Vietnam ini hadir di Indonesia. Kita tunggu saja kabar bahagia dari VinFast di waktu yang akan datang.


Jika memang hadir di Indonesia, nantinya mobil VinFast ini akan menjadi pesaing dari produk SUV seperti Honda CR-V dan juga Wuling Almaz.


Lantas bagaimana dengan mobil nasional Indonesia, seperti Esemka?.


Bila dilihat dari produk yang diniagakan Esemka saat ini memang berfokus pada kendaraan niaga. 


Produk yang dipasarkan Esemka yaitu Bima yang menggunakan mesin 1.3 liter. [Democrazy/skp]