BIN Akhirnya Buka Suara Soal Kabar Situsnya Kena Retas Hacker China | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 14 September 2021

BIN Akhirnya Buka Suara Soal Kabar Situsnya Kena Retas Hacker China

BIN Akhirnya Buka Suara Soal Kabar Situsnya Kena Retas Hacker China

BIN Akhirnya Buka Suara Soal Kabar Situsnya Kena Retas Hacker China

DEMOCRAZY.ID - Badan Intelijen Negara (BIN) membantah adanya peretasan terhadap servernya.


"Hingga saat ini server BIN masih dalam kondisi aman terkendali dan tidak terjadi hack sebagaimana isu yang beredar bahwa server BIN diretas hacker asal Cina," ujar Juru Bicara BIN Wawan Purwanto saat dihubungi pada Selasa, 14 September 2021.


Meski begitu, BIN, kata Wawan, tengah terus mendalami dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait kebenaran informasi peretasan server BIN maupun kementerian atau lembaga lainnya. 


Selain itu, BIN juga telah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta lembaga pemerintah lainnya.


Wawan mengatakan, BIN selalu melakukan pengecekan secara berkala terhadap sistem yang berjalan untuk memastikan bahwa server tersebut tetap berfungsi sebagaimana mestinya.


"Serangan siber terhadap BIN adalah hal yang wajar, mengingat BIN terus bekerja untuk menjaga kedaulatan NKRI dan mengamankan kepentingan nasional rakyat Indonesia," kata Wawan.


Dilansir The Record pada 10 September, upaya peretasan itu disebut ditemukan pertama kali pada April 2021 oleh peneliti Inskit. 


Kala itu, mereka tengah mendeteksi server pengendali dan control malware PlugX yang dioperasikan Mustang Panda.


Dalam temuannya, server tersebut ternyata berkomunikasi dengan beberapa host dalam jaringan pemerintah Indonesia. 


Mereka kemudian mengklaim bahwa telah memberi tahu temuan itu kepada pemerintah Indonesia pada Juni dan Juli 2021, namun tak direspons. [Democrazy/tmp]