PERISTIWA

Apa Kabar Remake Film G30S/PKI yang Diwacanakan Jokowi?

DEMOCRAZY.ID
September 30, 2021
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
Apa Kabar Remake Film G30S/PKI yang Diwacanakan Jokowi?

Apa Kabar Remake Film G30S/PKI yang Diwacanakan Jokowi?

DEMOCRAZY.ID - Wacana untuk melakukan pembuatan ulang film Pengkhianatan G30S/PKI dari era Orde Baru pernah dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


Namun, hingga kini kabar dari rencana remake film kontroversial ini belum jelas.


Presiden Jokowi pernah mengungkapkan keinginannya soal remake film G30S/PKI pada 2017. 


Saat itu, Jokowi ingin anak-anak milenial bisa dibuatkan film sejarah G30S yang cocok untuk mereka.


"Untuk anak-anak milenial, tentu saja mestinya dibuatkan lagi film yang memang bisa masuk ke mereka," kata Jokowi saat ditemui di Desa Mangunsuko, Dukun, Magelang, Jawa Tengah, 18 September 2017.


Saat itu, Jokowi menilai versi baru dari film yang disutradarai oleh Arifin C Noer itu perlu dibikin supaya anak-anak generasi baru mengerti bahaya ideologi dari Uni Soviet tersebut. 


Dengan begitu, anak-anak muda bisa paham soal PKI.


"Biar ngerti mereka bahaya komunisme. Biar mereka tahu juga mengenai PKI," kata Jokowi saat itu, saat ramai topik nonton bareng film G30S/PKI.


Tjahjo Kumolo, yang saat itu menjabat Menteri Dalam Negeri, menafsirkan bahwa Jokowi ingin film versi baru soal G30S/PKI memuat sejarah yang lurus. Tak seharusnya sejarah dimanipulasi.


"Karena pengertiannya fresh, ya ini sejarah yang lurus. Sejarah yang benar yang tanpa manipulasi sejarah untuk menonjolkan seseorang, kelompok, atau pimpinan, ini untuk bangsa," kata Tjahjo di Jakarta pada 20 September 2017.


Sementara itu, Menko Polhukam era itu, Wiranto, menilai wacana Presiden Jokowi memproduksi ulang film G30S/PKI sebagai langkah yang rasional. 


Sejarah masa lalu harus dipahami generasi zaman sekarang (milenial) dengan suasana kekinian.


"Anjuran Presiden untuk mempelajari sejarah kebangsaan dengan menyesuaikan cara penyajian agar mudah dipahami generasi milenial, ini sesuatu yang sangat rasional," ujar Wiranto dalam konfrensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2017).


Wiranto mengatakan teknologi telah banyak berubah seiring dengan perkembangan zaman. Teknologi juga banyak mengubah perilaku generasi muda.


Istri Sutradara Film G30S/PKI Buka Suara


Siapa mau, mampu, dan berani untuk membikin film soal periode kelabu dalam sejarah nasional itu?


Istri sang sutradara Arifin C Noer, yakni Jajang C Noer, sempat menanggapi ide itu. Dia bakal mendukung bila ada pembuatan film G30S/PKI versi baru. 


Namun film versi anyar nantinya harus sesuai dengan film yang lama.


"Digarapnya harus dengan saksama. Apalagi film sejarah yang banyak sekali kepentingan, itu harus hati-hati," tutur Jajang di kawasan SCBD, Kuningan, Jakarta Selatan,pada 27 September 2017.


Saat itu, sutradara kenamaan Joko Anwar sempat nyeletuk soal rencana membikin film soal 'sejarah yang besar sekali'. 


Namun dia heran saat ditanyai soal adanya kabar keinginan Jokowi soal 'remake' film G30S/PKI. Tertarikkah Joko Anwar untuk membuat remake film itu?


"Jawaban gue, hidup gue udah cukup ribet," jawab Joko Anwar seraya tersenyum.


Apa Kabar Remake Film G30S/PKI


Lantas, bagaimana kabar rencana pembuatan film G30S/PKI? 4 tahun berlalu tapi keinginan Jokowi ini belum terealisasi hingga kini. [Democrazy/detik]

Penulis blog