Jokowi Berharap Generasi Muda Indonesia Minat Jadi Petani, Elite PKS: Silakan Anda Contohin Dulu, Nanti Rakyat Ngikut | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Minggu, 08 Agustus 2021

Jokowi Berharap Generasi Muda Indonesia Minat Jadi Petani, Elite PKS: Silakan Anda Contohin Dulu, Nanti Rakyat Ngikut

Jokowi Berharap Generasi Muda Indonesia Minat Jadi Petani, Elite PKS: Silakan Anda Contohin Dulu, Nanti Rakyat Ngikut

Jokowi Berharap Generasi Muda Indonesia Minat Jadi Petani, Elite PKS: Silakan Anda Contohin Dulu, Nanti Rakyat Ngikut

DEMOCRAZY.ID - Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap para generasi muda bersedia menjadi petani.


Dalam pernyataannya, Jokowi mengungkapkan bahwa profesi sebagai petani merupakan profesi yang menjanjikan sekaligus menguntungkan dan dapat meningkatkan kesejahteraan.


"Saat ini total petani Indonesia sebanyak 71 persen berusia 45 tahun ke atas sedangkan yang di bawah 45 tahun sebanyak 29 persen," kata Jokowi.


Harapan tersebut disampaikan Jokowi dalam program mencetak 2.000 petani milenial dan andalan nasional oleh Kementerian Pertanian pada Jumat, 6 Juli 2021.


Presiden Jokowi menyambut baik program Kementerian Pertanian dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pertanian.


Harapan Jokowi kepada generasi muda untuk menjadi petani ini lantas ditanggapi oleh anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Refrizal.


Melalui akun Twitter pribadinya @refrizalskb, anggota DPR RI tersebut menyebut, seharusnya Jokowi mencontohkan terlebih dahulu, maka rakyat akan mengikuti pemimpinnya.


“Coba pak Jokowi contoh dulu, nanti Rakyat akan ikut. Jangan ngomong doang pak?” ujarnya dilansir dari akun Twitter @refrizalskb pada Minggu, 8 Agustus 2021.


Perlu diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pengukuhan 2.000 Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) adalah upaya untuk menciptakan penguatan resonansi bagi para milenial agar berkecimpung di sektor pertanian.


Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan SDM pertanian memberikan kontribusi yang paling signifikan dalam aspek produktivitas.


Dedi menjelaskan kegiatan pelatihan petani dan penyuluh dengan tema pendampingan kredit usaha rakyat (KUR) serta pelatihan wirausaha pertanian bagi petani milenial merupakan momentum yang sangat berharga untuk para petani, penyuluh dan petani milenial.


Saat ini telah terdaftar lebih dari 1,5 juta peserta petani dan penyuluh serta 2000 petani milenial atau petani yang berumur kurang dari 40 tahun. [Democrazy/tbn]