Total Gaji Abdee Slank Ditaksir Capai Rp11 Miliar, Arief Munandar: Apakah Pantas? | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Selasa, 01 Juni 2021

Total Gaji Abdee Slank Ditaksir Capai Rp11 Miliar, Arief Munandar: Apakah Pantas?

Total Gaji Abdee Slank Ditaksir Capai Rp11 Miliar, Arief Munandar: Apakah Pantas?

Total-Gaji-Abdee-Slank-Ditaksir-Capai-Rp11-Miliar-Arief-Munandar-Apakah-Pantas

DEMOCRAZY.ID - Pakar perilaku sosial, Arief Munandar menyelisik gaji yang dapat diterima oleh Abdee Slank usai ditunjuk sebagai komisaris BUMN PT Telkom Indonesia Tbk (persero).

Ketertarikannya untuk mencari tahu upah yang diperoleh Abdee Slank tersebut disampaikannya melalui unggahan video di kanal YouTube 'Bang Arief' pada Selasa, 1 Juni 2021.


Karena sudah menduga honorarium yang didapat Abdee Slank bernilai fantastis, Arief bahkan menyebutnya sebagai 'durian runtuh'.


"Jadi gua tertarik nih untuk meneliti seberapa besar sih durian runtuh yang diterima oleh orang yang namanya Abdee Slank," ucapnya.


Arief selanjutnya menelaah laporan keuangan Telkom Indonesia tahun 2020 tentang remunerasi bagi dewan komisaris yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014.


Ada pun remunerasi yang dimaksud merupakan uang yang diberikan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilakukan.


Berdasarkan laporan keuangan yang dia lihat, Arief pun memaparkan satu per satu komponen remunerasi yang akan didapat oleh dewan komisaris PT Telkom Indonesia.


"Ini termasuk gaji, tunjangan, bonus, tantiem, dan segala macam," kata pakar perilaku sosial tersebut.


Jika berpegang ke laporan keuangan tahun 2020, ternyata jumlah total yang dibayarkan kepada seluruh komisaris dari PT Telkom itu kurang lebih adalah sebesar Rp96 miliar.


Sehingga jika dirinci, komisaris utama totalnya Rp9,86 miliar yang terdiri dari honorarium dan tunjangan lainnya Rp3,81 miliar dan tantiem Rp6,06 miliar.


Sementara untuk komisaris independen totalnya mulai dari Rp1,49 miliar sampai Rp11,31 miliar tergantung intensif dan kinerja.


"Dahsyat ya dan ini bervariasi, untuk komisaris independen itu kisarannya sangat bervariasi antara Rp1 miliar sampai dengan sekitar Rp11 miliar, jadi beda-beda," kata Arief.


Mengetahui besaran honor tersebut, lantas Arief pun bertanya-tanya apakah Abdee pantas mendapatkan uang sebanyak itu, padahal menurutnya sepak terjang Abdee di PT Telkom sendiri belum terbukti.


"Lu gila ya? gede banget, poin gua adalah apakah jumlah itu kemudian pantas diberikan kepada Abdee Slank yang kita juga tidak tahu sebenarnya kiprahnya atau kontribusinya bagi perusahaan seperti apa?," ujar Arief Munandar. [Democrazy/pkry]