POLITIK

Pengamat Sebut 3 Partai Ini Berpeluang Besar Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

DEMOCRAZY.ID
Mei 31, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pengamat Sebut 3 Partai Ini Berpeluang Besar Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Pengamat-Sebut-3-Partai-Ini-Berpeluang-Besar-Usung-Anies-Baswedan-di-Pilpres-2024

DEMOCRAZY.ID - Jamiluddin Ritonga selaku Pengamat Komunikasi dan Politik secara terang-terangan mengatakan ada tiga partai berpeluang besar mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti.

Menurut Jamiluddin, ketiga partai yang berpeluang besar mengusung Anies di Pilpres 2024 adalah Nasdem, PKS, dan Demokrat.


"Ada tiga partai yang berpeluang besar mengusung Anies Baswedan, yaitu Nasdem, PKS, dan Demokrat," ungkap Jamiluddin pada Sabtu, 30 Mei 2021.


Jamiluddin juga menjelaskan bahwa ada kedekatan historis antara Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, sejak masih menjadi ormas.


"Jadi, antara Anies dan Nasdem ada ikatan historis. Ikatan ini berpeluang diperkuat dengan Nasdem mengusung Anies pada Pilpres 2024 mendatang," terangnya.


Adapun Partai Demokrat juga berpeluang mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti.


Hal itu terlihat jelas saat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Anies di Balaikota.


Jamiluddin juga menyebut bahwa Anies Baswedan berpeluang besar jika berpasangan dengan AHY.


"Peluang Demokrat mengusung Anies makin besar apabila dipasangkan dengan AHY. Kalau ini dilakukan, Demokrat tanpa syarat akan mengusung Anies," ujar Jamiluddin.


"Pasangan Anies-AHY tampaknya dapat menyatukan Nasdem, PKS, dan Demokrat untuk berkoalisi," ungkap Pengamat Komunikasi dan Politik tersebut.


"Anies punya kedekatan dengan Nasdem dan PKS, sementara AHY punya kedekatan dengan PKS," lanjutnya.


Adapun PKS sendiri juga diyakini oleh Jamiluddin punya keterikatan histori. Hal itu terbukti sejak pilkada DKI Jakarta pada tahun 2017 kemarin.


"Sejak itu hubungan PKS dan Anies sangat baik. Bahkan, PKS yang terdepan melindungi Anies dari para pengkritik," terang Jamiluddin. [Democrazy/trk]

Penulis blog