Dulu Pernah Tumpas Pemberontakan PKI, Pasukan Ini Sekarang Diutus 'Habisi' KKB Papua | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 24 Mei 2021

Dulu Pernah Tumpas Pemberontakan PKI, Pasukan Ini Sekarang Diutus 'Habisi' KKB Papua

Dulu Pernah Tumpas Pemberontakan PKI, Pasukan Ini Sekarang Diutus 'Habisi' KKB Papua

Dulu-Pernah-Tumpas-Pemberontakan-PKI-Pasukan-Ini-Sekarang-Diutus-Habisi-KKB-Papua

DEMOCRAZY.ID - TNI menerjunkan Prajurit Batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi atau dikenal Pasukan Setan untuk menghabisi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sebanyak 400 personel Pasukan Setan yang diutus menumpas KKB Papua tersebut diberangkatkan dengan menggunakan KRI Banjarmasin 592.


Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Laksda TNI Irvansyah memastikan keberangkatan 400 prajurit Pasukan Setan itu dilakukan dengan mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.


"Mulai dari embarkasi personel, material, saat lintas laut hingga kapal sandar dan melakukan debarkasi harus mengacu kepada prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Irvansyah, Senin 24 Mei 2021 lewat keterangan tertulisnya kepada awak media.


Sekadar diketahui, Pasukan Yonif 315/Garuda dikenal atau Pasukan Setan dikenal sebagai pasukan legendaris yang punya pengalaman penuh tempur di medan pegunungan berat.


Mengutip Hops.id, pasukan khusus TNI ini pernah terjun dalam operasi Timor Timur, pembasmian Angkatan Peran Ratu Adil (APRA) dan DI/TII dan sampai operasi penumpasan gerakan G30S/PKI.


Batalyon ini dibentuk pada 20 Agustus 1949 dengan nama awal Batalyon Y dan bermarkas di daerah Cirebon, Ciamis sampai Kuningan.


Pada awal berdiri, prajurit Pasukan Setan dipimpin tiga komandan yaitu Kapten Makhmud di Cirebon, Letda M, Suyogo dari Indramayu dan Lettu Sumaryo dari Banten.


Dikutip dari buku Siliwangi dari Masa ke Masa terbitan Kodam VI Siliwangi, Batalyon Y kemudian berganti nama menjadi Batalyon 1515 Siliwangi pada Mei tahun yang sama. Kemudian berganti nama lagi jadi Batalyon 315/Siliwangi.


Kemudian setelah mengalami peremajaan dan reformasi, masuk organik dalam Brigade Infanteri 12/Guntur dan Brigade Infanteri 15/Tirtayasa pada 29 Januari 1963, batalyon ini resmi bernama Batalyon 315/Garuda pada 13 Agustus 1970.


Pasukan Setan sudah menjalani beberapa operasi militer penting di sejumlah wilayah di Indonesia. Mulai dari awal kemerdekaan sampai masa revolusi, batalyon ini diutus untuj menumpas beberapa pemberontakan salah satunya yakni Pemberontakan G30S/PKI.


Selain itu, pasukan khusus tersebut juga dilibatkan dalam penumpasan gerombolan DI/TII Kartosuwiryo di Malangbong, Garut, Cipanas, Cianjur, Sukabumi, Priangan Timur, Cianjur Utara, Pager Betis di Limbangan sampai Operasi Bhrata Yudha di Pager Agung. [Democrazy/trk]