Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah Indonesia, Rocky Gerung: Ini Persoalan Serius! | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Selasa, 20 April 2021

Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah Indonesia, Rocky Gerung: Ini Persoalan Serius!

Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah Indonesia, Rocky Gerung: Ini Persoalan Serius!

Pendiri-NU-Hilang-dari-Kamus-Sejarah-Indonesia-Rocky-Gerung-Ini-Persoalan-Serius

DEMOCRAZY.ID - Tokoh intelektual Rocky Gerung menganggap hilangnya nama pendiri NU Hadratusyeh KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah adalah hal yang fatal karena baginya sama saja dengan mengkhianati permintaan Bung Karno tentang Jasmerah (jangan sekali-kali melupakan sejarah).

"Kalau nama itu hilang itu artinya negeri ini mengkhianati permintaan Bung Karno sendiri, jangan sekali-kali melupakan sejarah, Jasmerah," ungkap Rocky yang dikutip dari video di kanal Youtube Rocky Gerung Official.


Ia berpendapat bahwa penghilangan jejak sejarah ini berpotensi akan munculnya upaya untuk menghilangkan sejarah republik.


"Ini soal yang serius, karena sekali jejak sejarah itu berhenti maka dia akan diisi dengan segala macam upaya untuk menghilangkan jejak republik," tegasnya.


Entah disengaja atau tidak, namun kekeliruan ini menurut Rocky merupakan cerminan Kemendikbud yang tidak awas.


"Sejarah itu dulu juga politik, kita sebut sebagai politik karena di dalam sejarah kita belajar tentang etika kekuasaan, berarti mempelajari sejarah itu artinya mempelajari etika kekuasaan karena itu yang menyebrangkan kita ke sini," ujar Rocky.


Ia juga mengungkapkan kemirisan nya atas kejadian itu, karena menurutnya kewaspadaan akan jejak bangsa sering terhalang oleh kenekatan dalam mempromosikan masa depan.


"Kita terus ngomong 4.0, teknologi, menghadapi dunia robotik, pasar bebas, tapi akar sejarah kita, kita ga paham," kata Rocky. [Democrazy/pkry]