Bantah Jubir Wapres, PBNU Sebut Tak Pernah Minta Dispensasi Santri Mudik ke Ma'ruf Amin | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Sabtu, 24 April 2021

Bantah Jubir Wapres, PBNU Sebut Tak Pernah Minta Dispensasi Santri Mudik ke Ma'ruf Amin

Bantah Jubir Wapres, PBNU Sebut Tak Pernah Minta Dispensasi Santri Mudik ke Ma'ruf Amin

Bantah-Jubir-Wapres-PBNU-Sebut-Tak-Pernah-Minta-Dispensasi-Santri-Mudik-ke-Maruf-Amin

DEMOCRAZY.ID - PBNU menegaskan tak pernah meminta dispensasi untuk santri dapat pulang ke rumah saat lebaran ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

PBNU mengimbau warga Nahdliyin mematuhi aturan pemerintah soal larangan mudik.


Ketua LP Ma'arif NU PBNU, Z Arifin Junaidi mengatakan, ide dispensasi mudik bagi santri berasal dari beberapa orang saja. 


Namun menurut dia, PBNU secara kelembagaan tak pernah meminta pemerintah terkait hal itu.


"Secara institusional PBNU tidak pernah mengusulkan itu. Jadi beberapa orang saja yang menyampaikan itu. Seperti yang disampaikan Pak Masduki, menyampaikannya kepada Pak Masduki. Nah kalau secara institusional PBNU ya meminta warga NU termasuk santri untuk mematuhi larangan mudik itu," ujar Arifin, Sabtu (24/4/2021).


Arifin menyampaikan, peraturan larangan mudik pemerintah telah sesuai dengan prinsip Maqashid Al-Syariah dari NU. 


Menurutnya, bila mudik dilakukan maka tidak menutup kemungkinan akan membahayakan jiwa.


"Kalau kita mudik kan bukan tidak mungkin kita membahayakan jiwa kita. Jadi karena itu kemudian ya PBNU minta ini dipatuhi. Jadi larangan mudik ini udah sesuai sama prinsip itu. Karena itu sekali lagi PBNU secara institusional tidak minta dispensasi itu," ucapnya.


Sebelumnya, juru bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi menjelaskan terkait permintaan dispensasi bagi santri untuk pulang ke rumah saat lebaran. 


Masduki menyebut permintaan ini bukan dari Ma'ruf Amin, melainkan usulan PBNU.


"Ide untuk memfasilitasi kepulangan santri itu bukan dari Wapres. Tetapi itu usulan PBNU," ujar juru bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/4/2021).


Masduki mengatakan, PBNU mendapat banyak keluhan dari sejumlah pimpinan pondok pesantren. 


Sehingga menurutnya, Ma'ruf memberikan respon terhadap keluhan ulama pimpinan pesantren.


"Setelah PBNU mendapat banyak keluhan dari sejumlah ulama pimpinan pesantren. PBNU kemudian menyampaikan hal tersebut pada Wapres, lewat jubir Wapres," kata Masduki.


"Jadi ide ini bukan dari Wapres, tetapi Wapres merespons terhadap ulama-ulama pimpinan pesantren yang khawatir santrinya nggak bisa pulang terhadang di jalan," sambungnya.


Diketahui, usulan dispensasi bagi santri untuk pulang ke rumah saat lebaran ini disampaikan pertama kali oleh Masduki. 


Para santri diharapkan tidak dikenakan aturan larangan mudik.


"Wakil Presiden minta agar ada dispensasi untuk santri bisa pulang ke rumah masing-masing tidak dikenai aturan-aturan ketat terkait larangan mudik yang berhubungan dengan konteks pandemi saat ini," ujar Masduki Baidlowi, dalam keterangannya, Jumat (23/4/2021). [Democrazy/dtk]