Amien Rais Ancam Jihad Bela HRS, Refly Harun: Semoga Bisa Jadi Perhatian Hakim | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Kamis, 22 April 2021

Amien Rais Ancam Jihad Bela HRS, Refly Harun: Semoga Bisa Jadi Perhatian Hakim

Amien Rais Ancam Jihad Bela HRS, Refly Harun: Semoga Bisa Jadi Perhatian Hakim

Amien-Rais-Ancam-Jihad-Bela-HRS-Refly-Harun-Semoga-Bisa-Jadi-Perhatian-Hakim

DEMOCRAZY.ID - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menanggapi pernyataan Amien Rais yang menyinggung soal jihad apabila Habib Rizieq Shihab (HRS) terus menerus diperlakukan tidak baik dalam persidangan.

Refly Harun berpendapat, pernyataan Amien Rais tersebut merupakan bentuk kekecewaan Pendiri Partai Ummat itu terhadap cara hukum di Indonesia memperlakukan HRS.


Seolah sepakat dengan pernyataan Amien, Refly pun menilai HRS mendapat perlakuan yang terkesan berlebihan.


Indonesia, menurut Refly, memiliki sejumlah kasus yang tak layak untuk dipersidangkan namun tetap dipersidangkan dan hanya akan membuang-buang tenaga.


Refly pun meminta hakim untuk memperhatikan pernyataan Amien Rais tersebut yang menurutnya bisa saja terjadi.


"Apa yang diperingatkan Amien Rais ini mudah-mudahan bisa menjadi perhatian hakim. Tapi kalau kita tidak pernah berpikir takut akan kehidupan akhirat, ya mungkin kita akan melihat ini sebagai sebuah kesempatan untuk ikut menjerumuskan dan menghukum seorang Habib Rizieq," ujar Refly Harun.


Amien Rais sebelumnya mengaku geram saat menyaksikan persidangan HRS melalui sambungan virtual.


Amien menilai, sosok yang kerap menyuarakan revolusi akhlak itu mendapat perlakuan tak pantas dan terkesan didiskriminasi.


"Apa kita harus seperti ini terus. Jadi semua ahli hukum (sebagian besar) mengatakan pengadilan sesat, hak seorang terdakwa diabaikan sama sekali. Saya kira itu melanggar HAM," kata Amien Rais.


Mantan Politisi PAN ini kemudian mengungkit kejadian di Khasmir, India yakni berkumandangnya ‘Hayya Alal Jihad’ atau seruan berbuat jihad.


Dia pun mengancam, seandainya perlakuan tak baik terus ditujukan kepada HRS maka jangan menyesal jika seruan yang sama dikumandangkan juga di Indonesia.


"Saya cuma ingin menyampaikan, jangan sampai keluar dari lisan Pak Habib Rizieq itu misal ya seperti terjadi di Khasmir. Bagaimana orang India ketika terpojok lantas mengumandangkan Hayya Alal Jihad," ungkap Amien Rais.


Menurutnya, saat seruan tersebut dikumandangkan maka semangat kaum muslimin seketika terbakar. Mereka diyakini bakal mengorbankan segalanya, dari harta hingga nyawa.


"Ini bukan dalam konteks azan, tetapi dari menara Masjid Khasmir terdengar seperti itu. Menimbulkan keberanian luar biasa, dan ketika kaum muslimin yang terpojok itu bangkit, kemudian seolah sudah apapun dikorbankan baik nyawa dan harta," tuturnya.


Maka dari itu, Amien Rais memperingatkan jangan sampai seruan jihad di masjid seperti kejadian di Kashmir juga terjadi di Indonesia lantaran HRS kerap diperlakukan tidak baik.


"Itu akan ada gelombang elektronik yang menyentuh kaum muslimin tergelitik," ujarnya. [Democrazy/trk]