Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera "Gerakan Aceh Merdeka" di Lhokseumawe Aceh | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Minggu, 28 Maret 2021

Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera "Gerakan Aceh Merdeka" di Lhokseumawe Aceh

Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera "Gerakan Aceh Merdeka" di Lhokseumawe Aceh

Polisi-Hadang-Konvoi-Warga-Bawa-Bendera-Gerakan-Aceh-Merdeka-di-Lhokseumawe-Aceh

DEMOCRAZY.ID - Puluhan warga Kota Lhokseumawe, Aceh, menggelar aksi dengan berkonvoi menggunakan sepeda motor sambil memegang bendera bulan bintang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mengelilingi Kota Lhokseumawe, Minggu (28/3/2021).

Aksi dihadang polisi karena menyalahi peraturan lalu lintas, mereka tidak menggunakan helm dan menyalahi prokes Covid-19.


Sempat terjadi adu mulut dengan polisi, dan nyaris ricuh saat personil Polres Lhokseumawe menyetop sepeda motor mereka ketika melintas di Jalan Merdeka depan Taman Riyadah.


Aksi konvoi sambil membawa bendera bulan bintang terjadi saat aparat keamanan dari Polres Lhokseumawe melakukan pengamanan aksi unjukrasa yang dilakukan oleh Aneuk Syuhada memperingati 148 tahun Perang Aceh dengan Belanda bertepatan 26 Maret 1873 ke- 26 Maret 2021.


Aksi konvoi itu pun langsung dicegat oleh petugas gabungan dari polantas dan jajaran lainnya dari Polres Lhokseumawe. 


Polisi menahan mereka di Simpang Empat Lampu Merah, Jalan Merdeka Timur Kota Lhokseumawe.


Saat , petugas sempat menanyakan kenapa massa konvoi tersebut tidak mematuhi aturan berlalulintas atau tidak menggunakan helm dan juga tidak mematuhi protokol kesehatan.


Massa yang tidak menerima perlakukan Polisi tersebut berusaha agar diberikan izin untuk melintas namun petugas tetap menahan di trafick light. 


Para konvoi sebagian berusaha menerobos melalui jalur kiri di depan Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe dan sambil meneriaki Aceh Merdeka.


Polisi kemudian menghentikan sepeda motor mereka secara paksa dengan mencabut kunci serta mengamankan bendera bulan bintang yang mereka bawa.


Polisi juga mengangkut sepeda motor mereka ke dalam truk untuk diamankan di Polres Lhokseumawe.


“Massa konvoi terpaksa diamankankan agar tidak mengganggu ketertiban berlalu lintas dan mereka menggelar aksi konvoi tanpa meminta izin kepada pihak keamanan,” kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, Minggu (28/3/2021).


Menurut dia, dari aksi konvoi bendera bulan bintang tersebut dua warga diamankan ke Mapolres Lhokseumawe bersama puluhan sepeda motor.


“Dua warga yang diamankan dalam aksi tersebut untuk dimintai keterangan dan pengembangan lebih lanjut,” tandasnya. [Democrazy/okz]