MIRIS! Lokasinya Tak Jauh dari Istana Bogor, Tapi 4 Kampung Ini Belum Teraliri Listrik Sejak Indonesia Merdeka | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Rabu, 17 Maret 2021

MIRIS! Lokasinya Tak Jauh dari Istana Bogor, Tapi 4 Kampung Ini Belum Teraliri Listrik Sejak Indonesia Merdeka

MIRIS! Lokasinya Tak Jauh dari Istana Bogor, Tapi 4 Kampung Ini Belum Teraliri Listrik Sejak Indonesia Merdeka

MIRIS-Lokasinya-Tak-Jauh-dari-Istana-Bogor-Tapi-4-Kampung-Ini-Belum-Teraliri-Listrik-Sejak-Indonesia-Merdeka

DEMOCRAZY.ID - Sudah berkali-kali Kepala Desa Nangela, Sudin mengajukan pemasangan listrik untuk empat kampung di desanya. 

Namun hingga saat ini, ia belum mendapat respon positif sehingga 4 kampung di desananya itu masih belum teraliri listrik.


Nangela merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 


Jaraknya jika diukur menggunakan aplikasi Google Maps hanya sekitar 83 kilometer dari tempat tinggal Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.


Empat kampung yang belum teraliri listrik itu adalah Kampung Cikuya, Kampung Sukasirna, Kampung Caringin dan Palatarpari.


Sejak Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 hingga saat ini, 4 kampung itu belum pernah menikmati listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PT PLN).


Untuk kebutuhan sehari-hari, warga mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya.


Kepala Desa Nangela, Sudin mengatakan kurang lebih 290 Kepala Keluarga (KK) tinggal di empat kampung itu. 


Sudin menyatakan, sudah berulang kali mengajukan aliran listrik ke Dinas ESDM untuk kampung tersebut tapi tak ada respon.


Sudin mengakui memang 4 Kampung itu berada di pelosok dan berjarak 15 kilometer dari kantor desa. Selain akses jalan sulit dilalui karena masih berupa tanah.


"Kami sudah berulang kali membuat pengajuan, namun belum juga ada respon. Entah apa yang menjadi alasannya, mungkin jarak yang jauh dan medan yang cukup berat. Empat Kampung tersebut berada di pelosok desa," tuturnya. [Democrazy/sra]