PERISTIWA POLITIK

Istana Buka Suara Soal Viral Kerumunan Warga Saat Jokowi Kunjungi Maumere

DEMOCRAZY.ID
Februari 23, 2021
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
Istana Buka Suara Soal Viral Kerumunan Warga Saat Jokowi Kunjungi Maumere

Istana-Buka-Suara-Soal-Viral-Kerumunan-Warga-Saat-Jokowi-Kunjungi-Maumere

DEMOCRAZY.ID - Video yang menunjukkan kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) beredar di media sosial. 

Pihak Istana Kepresidenan memberikan penjelasan mengenai peristiwa tersebut.

Dalam video yang beredar, sejumlah warga tampak berkerumun mendekat ke arah mobil Presiden Jokowi. 


Mereka tampak ingin mengabadikan kedatangan Jokowi di NTT.


Dari atas mobil, Jokowi juga sempat menyapa warga dengan melambaikan tangan. Jokowi juga terlihat mengingatkan warga untuk menggunakan masker. 


Selain itu, Jokowi membagikan suvenir ke warga yang berkerumun.


Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, membenarkan peristiwa itu terjadi di Maumere pada hari ini. 


Bey menjelaskan masyarakat saat itu warga sudah menunggu rombongan Presiden Jokowi di pinggir jalan.


"Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete. Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).


Bey mengatakan masyarakat Maumere spontan menyambut kedatangan Jokowi. 


Jokowi pun, kata Bey, menyapa masyarakat dari atap mobil.


"Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker. Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," ujar Bey.


Mengenai suvenir yang diberikan warga, Bey menjelaskan hal itu sebagai bentuk respons spontan Jokowi. Suvenir itu juga berisi masker hingga kaus.


"Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaus, dan masker. Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," ujar Bey. [Democrazy/dtk]

Penulis blog