POLITIK

Denny Siregar Dukung Pemerintah Danai Buzzer Sebut Tandanya Adaptif

DEMOCRAZY.ID
Februari 24, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Denny Siregar Dukung Pemerintah Danai Buzzer Sebut Tandanya Adaptif

Denny-Siregar-Dukung-Pemerintah-Danai-Buzzer-Sebut-Tandanya-Adaptif

DEMOCRAZY.ID - Pegiat media sosial atau pengamat politik Denny Siregar mendukung langkah yang akan dilakukan pemerintah, terkait danai buzzer menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanjar Negara (APBN). 

Bahkan, menurutnya, langkah tersebut dinilai sudah tepat.


Dilansir dari video berjudul ‘Buzzer Itu Memang Berbahaya’ di saluran Youtube 2045 TV, pertama-tama Denny Siregar ditanya mengenai percaya atau tidak seandainya pemerintah menggunakan APBN untuk membayar sejumlah buzzer. Menariknya, dia secara tegas mengaku percaya.


“Oh saya percaya sekali (pemerintah bayar buzzer pakai APBN). Tapi itu bukan sesuatu yang buruk buat saya. Malah, pemerintah tandanya adaptif dengan teknologi,” ujar Denny Siregar, Rabu (23/2/2021).


Denny menambahkan, era digital mengubah keputusan pemerintah dalam memilih medium komunikasi. 


Jika dahulu pesan-pesan kenegaraan disampaikan melalui media massa dengan biaya besar, kini mereka bisa memanfaatkan jasa buzzer atau influencer untuk melakukan hal yang sama.


“Misalnya sektor pariwisata. Ketimbang pemerintah harus bayar Rp30 miliar ke stasiun televisi, mendingan pakai jasa Raffi Ahmad. Kasih aja Rp1 miliar, suruh jalan-jalan ke Bali, terus dipromosiin ke media sosialnya yang punya puluhan juta pengikut. Kan lebih efektif.” katanya.


“Jadi bukan sesuatu yang buruk kalau pemerintah menganggarkan dana untuk buzzer atau influencer. Soalnya, itu berarti pemerintah sudah mulai adaptif terhadap teknologi yang ada sekarang,” sambungnya.


Kenapa hanya pendukung pemerintah yang dituding buzzer?


Pada kesempatan yang sama, Denny Siregar bertanya-tanya, mengapa hanya pendukung Jokowi yang mendapat label sebagai buzzer. 


Padahal, kata dia, ‘pasukan pembela online’ tersebut juga bisa datang dari kubu seberang.


“Kenapa bukan pendukung yang lain? Misalnya pendukung Anies Baswedan kek, atau pendukung yang lain, kenapa enggak dibilang buzzer?” tanya dia, setengah keheranan.


Lebih jauh Denny Siregar tak menolak jika dia disebut sebagai pendukung Jokowi. 


Namun, bukan sosoknya secara personal yang dia bela, melainkan pemerintah secara keseluruhan.


“Orang-orang yang disebut sebagai pendukung Jokowi, termasuk saya, sebenarnya bukan mendukung sosoknya, tapi kita lebih mendukung simbol pemerintah yang ada saat ini.”


“Kalau saya dianggap buzzer karena itu, saya sih oke-oke aja. Buzzer kan berasal dari kata buzz atau dengung. Jadi buzzer itu pendengung. Kita itu lebah. Nah, lebah itu enggak akan menganggu kalau sarangnya enggak diganggu,” kata dia. [Democrazy/sra]

Penulis blog