DPD RI Watch: Yang Terjadi Sekarang Bukan Tanggap Bencana, Tapi Gagap Bencana | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 08 Februari 2021

DPD RI Watch: Yang Terjadi Sekarang Bukan Tanggap Bencana, Tapi Gagap Bencana

DPD RI Watch: Yang Terjadi Sekarang Bukan Tanggap Bencana, Tapi Gagap Bencana

DPD-RI-Watch-Yang-Terjadi-Sekarang-Bukan-Tanggap-Bencana-Tapi-Gagap-Bencana

DEMOCRAZY.ID - Bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia harus segera ditindaklanjuti oleh sejumlah pihak, baik pemerintah maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI).

Sebab menurut DPD RI Watch, pemerintah terkesan kebingunan dalam menyikapi bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor hingga gempa bumi di beberapa wilayah.


“Yang nampak sekarang memang bukannya tanggap bencana, tapi gagap bencana,” tandas Kordinator DPD RI Watch, Arief Gunawan kepada wartawan, Selasa (8/2).


Seharusnya, bencana alam bisa diantisipasi pemerintah dengan meminimalisir jatuhnya korban jiwa. 


Sebab bukan menjadi rahasia bahwa wilayah Indonesia masuk di dalam wilayah ring of fire rawan bencana.


Di sisi lain, ia juga mengimbau para anggota DPD proaktif memetakan potensi-potensi bencana alam di daerah masing-masing dengan menyerap informasi dari masyarakat dan institusi penanganan bencana alam seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).


“Selama reses di daerah para anggota DPD RI seharusnya juga melakukan hal ini,” tekan Arief.


Skenario penanggulangan bencana alam di daerah juga seharusnya disosialisasikan oleh para anggota DPD RI kepada masyarakat daerah, termasuk mengenai alokasi anggaran, dan hal-hal tekhnis penanganan bencana dan pasca bencana.


“Para anggota DPD RI bukan hanya harus paham potensi bencana di daerahnya, tapi juga harus ngerti bagaimana menjalankan manajemen bencana. Jangan seperti pemadam kebakaran, baru muncul setelah kejadian,” tutupnya. [Democrazy/rmol]