-->

Breaking

logo

Senin, 04 Januari 2021

Beredar Rekaman Percakapan Telepon Trump Dengan Menlu Georgia, Minta Ubah Hasil Pilpres

Beredar Rekaman Percakapan Telepon Trump Dengan Menlu Georgia, Minta Ubah Hasil Pilpres

Beredar Rekaman Percakapan Telepon Trump Dengan Menlu Georgia, Minta Ubah Hasil Pilpres
DEMOCRAZY.ID - Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah melakukan upaya untuk menekan seorang pejabat tinggi Georgia pada Sabtu (2/1) untuk mengubah hasil pemilu. 

Rekaman panggilan selama satu jam yang dirilis oleh Washington Post pada Minggu (3/1), mengungkapkan bahwa Trump memastikan pejabat itu akan membalikkan kekalahannya di Georgia.


Panggilan Trump ke Menteri Luar Negeri Georgia Brad Raffensperger, sesama Republikan, pada Sabtu (2/1) datang ketika beberapa sekutu Trump di Kongres AS mengatakan mereka berencana untuk menolak sertifikasi formal kemenangan Biden pada Rabu (6/1).


The Washington Post, yang pertama kali melaporkan percakapan telepon  tersebut, mengatakan bahwa Trump secara bergantian menyanjung, memohon, dan mengancam Raffensperger, dengan konsekuensi pidana yang tidak jelas dalam upaya membatalkan kekalahannya.


Raffensperger dan penasihat umum kantornya menolak pernyataan Trump, dan mengatakan kepada presiden bahwa dia mengandalkan teori konspirasi yang dibantah yang tersebar di media sosial tentang pemilihan yang adil dan akurat, menurut kutipan audio dan akun surat kabar.


“Orang-orang Georgia marah, orang-orang di negara itu marah," kata Trump, menurut audio panggilan yang dipublikasikan online oleh Post, dan diberitakan ulang Al-Arabiya, Senin (4/1).


“Dan tidak ada yang salah dengan mengatakan, kamu tahu, um, bahwa kamu telah menghitung ulang,” lanjutnya.


“Jadi lihat. Yang ingin saya lakukan adalah ini. Saya hanya ingin mendapatkan 11.780 suara, satu lebih banyak dari yang kami miliki. Karena kami memenangkan negara,” kata Trump dalam rekaman itu, bersikeras bahwa dia tidak mungkin kalah di Georgia. [Democrazy/rmol]