AGAMA GLOBAL ISLAMI

Soal Israel di Piala Dunia U-20 FIFA 2023, Begini Kata Jokowi

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
GLOBAL
ISLAMI
Soal Israel di Piala Dunia U-20 FIFA 2023, Begini Kata Jokowi


DEMOCRAZY.ID Presiden Joko Widodo angkat suara mengenai polemik Piala Dunia U-20, terkait penolakan Tim Nasional (Timnas) Israel yang bakal berlaga di Indonesia. Dia menegaskan bahwa Timnas Israel bisa ikut serta dalam acara internasional ini.


"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Jokowi dalam pernyataan, Selasa (28/3/2023).


Sejalan dengan itu, Jokowi juga sepakat dengan Duta Besar Palestina dimana kehadiran timnas Israel merupakan ketentuan FIFA, sementara Indonesia hanya tuan rumah yang hanya memfasilitasi.


"Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya, jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dan politik," kata Jokowi.


Menurut Jokowi, FIFA juga sudah mengetahui adanya penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel. 


Sehingga saat ini pemerintah tengah mengutus Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mencari solusi terbaik.


Berikut pernyataan lengkap Jokowi terkait Piala Dunia U-20 :


Pertama ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia, yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two states solution. 


Negara Israel dan Palestina merdeka. ini sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum forum bilateral, multilateral, maupun forum internasional lainnya.


Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara U-20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang dan pada proses akhir ada 3 kandidat negara yaitu Brasil, Indonesia dan Peru. 


Saat itu semua pihak berjuang bekerja keras bersama agar indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, dan akhirnya bulan Oktober 2019 indonesia ditunjuk jadi tuan rumah oleh FIFA.


Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20, penyelenggara event olah raga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.


Saat ditunjuk jadi tuan rumah kita belum tahu mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta, karena masih dalam proses prakualifikasi dan kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U-20 baru kita ketahui pada Juli 2022.


Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat.


Dan dalam urusan piala dunia U-20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dan politik. 


Saat ini FIFA juga mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 tapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik untuk itu saya telah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik.

Penulis blog