POLITIK

Hasto Ungkit Ada Parpol Lakukan Manipulasi Suara 300 Persen di Pacitan & Ponorogo, Siapa?

DEMOCRAZY.ID
Maret 20, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Hasto Ungkit Ada Parpol Lakukan Manipulasi Suara 300 Persen di Pacitan & Ponorogo, Siapa?


DEMOCRAZY.ID - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyinggung dugaan kecurangan pemilu bertahun-tahun lalu yang pernah terjadi di Pacitan dan Ponorogo, Jawa Timur.


Saat itu, kata Hasto, terjadi manipulasi daftar pemilih tetap (DPT), sehingga ada penggelembungan suara salah satu partai hingga 300 persen. 


Namun dia tak menyebut secara spesifik partai yang dimaksud.


"Dulu pernah terjadi [manipulasi DPT] di Pacitan dan Ponorogo yang membuat [suara] partai naik menjadi 300 persen," kata Hasto di Surabaya, Minggu (19/3).


Hasto mengklaim selama 10 tahun terakhir, saat PDIP jadi pemenang pemilu, tak ada kecurangan. Dia mengklaim suara rakyat dapat tersalurkan dengan baik.


PDIP menjadi pemenang pemilu sejak 2014. Pada era sebelumnya, Partai Demokrat berkuasa selama 10 tahun.


Kini dia mengklaim tidak ada lagi masa pemilu yang diwarnai dugaan kecurangan dan penggelembungan DPT hingga membuat suara partai tertentu melonjak signifikan.


"Ketika dipimpin PDIP, dari DPT-nya saja itu dipastikan bahwa hak konstitusional untuk memilih itu dijamin oleh konstitusi," ujar Hasto.


Hasto menyebut bila ada pihak lain yang pesimistis menjelang pemilu, partai berlambang kepala banteng itu justru sebaliknya.


Dia menyatakan PDIP optimistis Pemilu 2024 akan berjalan lancar, karena rakyat sudah memiliki kesadaran politik yang baik.


"Selama ini PDIP percaya bahwa rakyat memiliki kesadaran yang baik, menjadi penopang bagi demokrasi yang jujur dan adil, yang menempatkan rakyat memiliki kedaulatan tertinggi dalam demokrasi, sehingga kami selalu optimis, percaya pemilu akan berjalan dengan baik," ujarnya. [Democrazy/CNN]

Penulis blog