DAERAH PERISTIWA

Demo di Kantor Gubsu, Pengungsi Afghanistan: Kami Minta Dipindah ke Negara Lain!

DEMOCRAZY.ID
September 21, 2021
0 Komentar
Beranda
DAERAH
PERISTIWA
Demo di Kantor Gubsu, Pengungsi Afghanistan: Kami Minta Dipindah ke Negara Lain!

Demo di Kantor Gubsu, Pengungsi Afghanistan: Kami Minta Dipindah ke Negara Lain!

DEMOCRAZY.ID - Sejumlah pengungsi asal Afganistan berdemo di depan kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). 


Mereka meminta dipindah ke negara lain.


"Tujuan kami datang ke kantor gubernur untuk minta tolong, sekarang kami minta tolong kepada negara Indonesia karena kami sudah lama tinggal di sini," kata perwakilan pengungsi, Muhammad Juma Mohsini, di depan kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (21/9/2021).


Juma menyebut pihaknya ingin bertemu dengan Edy untuk menyampaikan keluhan setelah 10 tahun berada di Medan. 


Dia mempertanyakan mengapa para pengungsi Afghanistan terlalu lama berada di Medan.


"Kami cuma minta kepada Gubernur dengar kami, dengan suara kami. Duduk sama kami di satu meja. Kami mau jelaskan apa masalah kami, kenapa kami sudah lama di sini, apakah UNHCR sudah ada bantu kami atau nggak," ucap Juma.


"Itu mau kami sampaikan ke gubernur, gubernur bisa sampaikan ke pemerintah pusat, pemerintah pusat menyampaikan ke negara yang menerima pengungsi," tambahnya.


Juma berharap Edy membantu mencari solusi agar para pengungsi yang ada di Medan bisa pindah ke negara lain. Dia mengatakan banyak pengungsi yang depresi.


"Semua di sini sudah depresi, banyak kawan kami sudah bunuh diri. Kurang-lebih 14 orang sudah bunuh diri," ujarnya.


Dia mengaku para pengungsi Afghanistan pernah menggelar demonstrasi di kantor UNHCR Medan, namun tidak mendapatkan respons. 


Dia berharap Edy mau turun tangan membantu mereka.


"Jadi kami sudah ganti lokasi, mudah-mudahan Pak Gubernur yang bisa dengar kami sebagai sama-sama muslim dan sama-sama manusia," sebutnya.


Plh Kabag Perekonomian Sumut Ismail Nasution yang bertemu dengan pendemo mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak terkait pengungsi. 


Dia mengatakan para pengungsi meminta dipindahkan dari Indonesia.


"Kita akan berdiskusi untuk membahas apa yang mereka sampaikan kemari. Mereka meminta dipulangkan ke negara asal atau negara lain yang dapat menampung mereka," ujar Ismail.


Kabid Intelijen dan Penindakan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Arthur Lucky, juga mengatakan para pendemo meminta untuk dipindahkan. 


Ada 1.800 orang pengungsi asal Afganistan yang berada di wilayah Sumut.


"Mereka datang meminta untuk segera ditempatkan di negara ketiga. Alasannya, mereka sudah lama di sini. Kami sudah berkoordinasi dari kantor Gubernur Sumatera Utara, untuk secara perwakilan kita bahas bersama dengan organisasi atau instansi terkait," ucap Arthur.


Arthur mengatakan para pengungsi Afghanistan sebenarnya tidak boleh menggelar demonstrasi. 


Dia mengaku akan melakukan langkah persuasif untuk mencegah para pengungsi melakukan demo susulan.


"Seharusnya mereka tidak boleh melakukan demo, dengan persuasif kita sampaikan dengan mereka supaya mereka mengerti agar tidak melakukan kegiatan seperti ini," jelas Arthur. [Democrazy/detik]

Penulis blog