HUKUM PERISTIWA

Baru Buka Tas Mau Ngeluarin Poster, 2 Orang Langsung Diamankan Polisi Saat Jokowi Akan Melintas di Cilacap

DEMOCRAZY.ID
September 23, 2021
0 Komentar
Beranda
HUKUM
PERISTIWA
Baru Buka Tas Mau Ngeluarin Poster, 2 Orang Langsung Diamankan Polisi Saat Jokowi Akan Melintas di Cilacap

Baru Buka Tas Mau Ngeluarin Poster, 2 Orang Langsung Diamankan Polisi Saat Jokowi Akan Melintas di Cilacap

DEMOCRAZY.ID - Dua orang warga tampak diamankan polisi dan anggota ormas saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melintas dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Cilacap Jawa Tengah hari ini. 


Namun, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi membantah dan mengaku belum ada laporan yang dia terima.


"Tidak ada yang diamankan itu, kita tidak mengamankan orang di sini," kata Leganek saat dihubungi wartawan, Kamis (23/9/2021).


Meskipun demikian, dia mengatakan kemungkinan ada warga yang diduga hendak melakukan aksi demo saat kunjungan Presiden.


"Mungkin ya demo aspirasi, makanya ditanyain karena tidak sesuai dengan jadwalnya kan. Tapi belum ada laporan untuk diamankan, anak buah saya belum laporan," ujarnya.


"Isi posternya belum tahu. Kami masih konsolidasi (kunjungan Presiden) ini belum selesai," tutupnya.


Diwawancara terpisah, salah satu anggota ormas yang ikut mengamankan warga itu, Suarko, mengatakan bahwa dua orang tersebut telah dicurigai sejak awal.


"Saat bapak Presiden mau masuk, tiba tiba ada gerakan dari mereka, akhirnya perasaan curiga kita timbul, dari pihak kepolisian sendiri langsung menangkap orang tersebut," kata Suarko kepada wartawan, Kamis (23/9).


Baru Buka Tas Mau Ngeluarin Poster, 2 Orang Langsung Diamankan Polisi Saat Jokowi Akan Melintas di Cilacap


"Gerakannya dari orang itu seperti mengeluarkan poster dari tas, tapi belum sempat di bentangkan (mereka ditangkap), karena sudah dicurigai, polisi sendiri sudah ada rasa curiga juga," lanjutnya.


Dari pantauan wartawan, dua orang pria tampak diamankan polisi dan anggota ormas beberapa detik sebelum rombongan Presiden Jokowi melintas di Jalan Ketapang, Cilacap Utara. Dua pria itu terlihat akan membentangkan poster.


Kedua orang tersebut kemudian digiring ke Polsek Cilacap Utara dan langsung dimintai keterangan oleh petugas kepolisian. 


Belum diketahui motif kedua orang tersebut akan membentang poster, tapi polisi sempat membuka poster tersebut saat pemeriksaan.


Di tengah pemeriksaan, sempat terlihat dua orang lagi yang dibawa oleh petugas kepolisian. 


Namun belum diketahui apakah kedua orang yang datang belakangan, terlibat dalam aktivitas tersebut.


Sementara itu, juga sempat terjadi kerumunan saat Presiden Jokowi perjalanan menuju ke SMAN 2 Cilacap di Jalan Ketapang, Cilacap Utara, dan membagikan kaus serta masker.


Pantauan di lokasi, pukul 11.30 WIB, warga tampak antusias menonton rombongan mobil Jokowi yang melintas. 


Bahkan, mobil Jokowi tampak dikerumuni warga yang ingin melihatnya lebih dekat dan mendapatkan kaus yang dibagikan Jokowi.


Tampak petugas kewalahan menghadang warga yang berhamburan mendekati mobil Jokowi itu. Imbauan petugas untuk menjaga jarak pun tak diindahkan, warga antusias untuk mendapatkan kaus dari Jokowi. 


Terlihat ada beberapa warga yang sempat terjatuh dekat mobil saat petugas Paspampres menjaga kendaraan RI 1 yang melintas.


"Jangan maju-maju, mundur. Tolong maskernya dipakai dan jaga jarak," kata salah satu petugas saat mengamankan kerumunan, Kamis (23/9). [Democrazy/detik]

Penulis blog