HUKUM

Tagar #VonisPesananMadam Trending, Netizen Soroti Banyak Kejanggalan Vonis Juliari

DEMOCRAZY.ID
Agustus 26, 2021
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Tagar #VonisPesananMadam Trending, Netizen Soroti Banyak Kejanggalan Vonis Juliari

Trending Tagar #VonisPesananMadam, Netizen Soroti Banyak Kejanggalan Vonis Juliari

DEMOCRAZY.ID - Tagar “Vonis Pesanan Madam” sedang trending di Twitter pada Kamis, 26 Agustus 2021 sebagai protes atas vonis terdakwa kasus korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos), Juliari Batubara.


Netizen curiga bahwa vonis kader PDIP yang dinilai terlalu ringan itu sebenarnya adalah vonis pesanan “madam”.


Seperti diketahui, Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) telah Juliari Batubara dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsidair 6 bulan kurungan.


Majelis mengungkapkan, salah satu pertimbangan yang meringankan vonis Juliari adalah karena ia sudah cukup menderita dicaci hingga dihina oleh masyarakat sebelum divonis pengadilan.


“Keadaan meringankan, terdakwa sudah cukup menderita dicerca, dimaki, dihina oleh masyarakat. Terdakwa telah divonis bersalah oleh masyarakat, padahal secara hukum terdakwa belum tentu bersalah sebelum adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap,” kata Hakim Anggota, Yusuf Pranowo pada Senin, 23 Agustus 202.


Alasan hakim itulah yang kemudian juga banyak disoroti netizen dalam tagar “Vonis Pesanan Madam”.


Trending Tagar #VonisPesananMadam, Netizen Soroti Banyak Kejanggalan Vonis Juliari


“Di-bully aja bisa meringankan masa hukuman. Jangan-jangan kalo disumpahin ‘mati ngenes’ bisa bebas tuh si Maling Bansos,” kata Adem Fridemz.


“Netizen dan masyarakat menduga bahwa Hukuman Juliari yang seharusnya Di hukum Mati tapi menjadi 12 Tahun karena Vonis Pesanan Madam,” kataAbu_Waras.


Netizen itu menyinggung bahwa sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sendiri mengatakan bahwa kasus korupsi saat pandemi akan dihukum mati.


“Jadi hukuman Juliari memang vonis pesanan madam,” tandasnya.


Ada pula netizen yang menyoroti perbedaan perlakuan PDIP terhadap Juliari dan kader-kader lainnya yang terjerat kasus korupsi.


“PDIP biasanya memilih memecat kadernya ketika ditetapkan sebagai tersangkakorupsi. Namun PDIP diingatkan perlakuannya terhadap mantan Menteri Sosial. Apa vonis pesanan madam?” kata Mdy_Asmara1701.


Dilansir dari Koran Tempo, PDIP biasanya memilih memecat kadernya ketika kader tersebut ditetapkan sebagai tersangka korupsi.


Trending Tagar #VonisPesananMadam, Netizen Soroti Banyak Kejanggalan Vonis Juliari


Namun PDIP diduga punya perlakuan berbeda terhadap mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara yang belum dipecat hingga saat ini meski sudah divonis12 tahun penjara. [Democrazy/tmp]

Penulis blog