Back to Top
DAERAH POLITIK

Sebut RUU Otsus Papua Baru Hanya Rubah Judul Tapi Isi Sama, Veronica Koman: Ini Hanya Formalitas Mereka, Seperti Sirkus!

DEMOCRAZY.ID
Juli 14, 2021
0 Komentar
Beranda
DAERAH
POLITIK
Sebut RUU Otsus Papua Baru Hanya Rubah Judul Tapi Isi Sama, Veronica Koman: Ini Hanya Formalitas Mereka, Seperti Sirkus!

DEMOCRAZY.ID - Pegiat hak asasi manusia Veronica Koman mengkritik rencana pengesahan revisi Undang-Undang Otonomi Khusus atau RUU Otsus Papua.  DPR akan mengesahkan RUU ini dalam sidang paripurna pada Kamis, 15 Juli 2021. Ia mengatakan RUU ini akan semakin memberangus prinsip otonomi khusus di Papua.  Menurut dia, perubahan UU Nomor 21 Tahun 2001 itu membuat otonomi khusus tinggal jargon saja. "Perubahan ini membuat yang namanya otonomi khusus itu hanya judulnya saja, tapi isinya sama sekali tidak ada otonomi bagi Papua, makin memberangus keotonomian di Papua yang sudah antara ada dan tiada," kata Veronica kepada Tempo, Rabu, 14 Juli 2021. Veronica menuturkan, otsus Papua tidak memberikan kemandirian.  Ia menilai revisi ini lebih vulgar lagi.  "Otsus tinggal nama. Otsus Papua itu dari Jakarta untuk Jakarta," ujarnya. Veronica menilai pembahasan revisi UU Otsus Papua itu cacat prosedur dan mengingkari undang-undang itu sendiri.  Dalam UU Otsus Papua, kata dia, sega
Baca selengkapnya

Penulis blog