Back to Top
EKBIS

Utang Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Disebut Tak Bebani APBN, Pakar: Jelas Ini Jadi Beban Masa Depan, Mereka yang Bayar Nanti!

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Utang Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Disebut Tak Bebani APBN, Pakar: Jelas Ini Jadi Beban Masa Depan, Mereka yang Bayar Nanti!

DEMOCRAZY.ID - Pernyataan juru bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak yang menyebut utang untuk pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) atau alutsista tak akan membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dipertanyakan. Pakar ekonomi menilai, utang sebesar US$124,99 miliar setara Rp1.749 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS) atau Rp1,7 kuadriliun jelas akan jadi beban negara. Ekonom Universitas Indonesia Ninasapti Triaswati mengatakan utang sebesar itu akan membuat utang negara makin menumpuk.  Apalagi di masa pandemi ini utang makin bengkak akibat pembangunan infrastruktur dan penanganan covid-19. Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah tembus Rp6.445,07 triliun per Maret 2021.  Jumlahnya melonjak Rp1.253 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp5.192 triliun. "Jadi, tambahan utang sebesar Rp1,7 kuadriliun akan menggelembungkan utang pemerintah," Ninasapti, Selasa (1/6). Oleh sebab itu, ia menilai se
Baca selengkapnya

Penulis blog