Terbongkar! Polri Ternyata Tak Jalankan Rekomendasi Komnas HAM soal Kasus 6 Laskar FPI - DEMOCRAZY News
HUKUM KRIMINAL

Terbongkar! Polri Ternyata Tak Jalankan Rekomendasi Komnas HAM soal Kasus 6 Laskar FPI

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
KRIMINAL
Terbongkar! Polri Ternyata Tak Jalankan Rekomendasi Komnas HAM soal Kasus 6 Laskar FPI

Terbongkar-Polri-Ternyata-Tak-Jalankan-Rekomendasi-Komnas-HAM-soal-Kasus-6-Laskar-FPI

DEMOCRAZY.ID - Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) mengungkap jika ada sejumlah rekomendasi yang tidak dijalankan Bareskrim Polri terkait kasus unlawful killing enam laskar FPI yang ditembak mati aparat di Tol Jakarta-Cikampek, beberapa waktu lalu. 

Wakil Ketua Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan salah satu rekomendasi yang tidak dilaksanakan Polri adalah soal kepemilikan senjata api laskar FPI. 


“Dan kami ingatkan ada beberapa rekomendasi yang sepertinya belum dilaksanakan secara maksimal. Misalkan soal senjata api,” kata Choirul Anam saat dihubungi, Jumat (16/4/2021). 


Menurutnya,  pengusutan senjata api yang disebut diduga milik FPI  dalam perkara ini sangat penting, guna mengungkap kebenaran. 


“Pentingnya senjata api di ungkap agar dapat mengungkap kebenaran terhadap peristiwa yang terjadi,” tegasnya. 


Sementara itu, merespons dua orang anggota polisi yang telah ditetapkan sebagai tersangka, namun masih berstatus aktif, Choirul Anam mengatakan menyerahkannya kepada kepolisian.


“Ditanya saja ke kepolisian terkait keputusan tersebut,” ujarnya. 


Namun, dia memastikan pihaknya masih bakal mengawal kasus ini sampai tuntas. 


“Yang pasti bagi kami, pelaksanaan rekomendasi tetap kami pantau,” tegas Choirul Anam. 


Investigasi Komnas HAM


Diketahui, kasus unlawful killing terungkap setelah Komnas HAM melakukan investigasi terkait tragedi penembakan terhadap enam laskar FPI di tol Jakarta-Cikampek.


Komnas HAM pada 8 Januari 2021 telah melaporkan hasil penyelidikan terhadap kematian 6 orang laskar Front Pembela Islam (FPI) yang berawal dari pembuntutan terhadap Rizieq Shihab pada 6-7 Desember 2020.


Saat itu, anggota Polri mengikuti rombongan tokoh FPI itu bersama para pengawalnya dalam sembilan kendaraan roda empat bergerak dari Sentul ke Karawang. 


Hasil investigasi Komnas HAM menyimpulkan bahwa insiden penembakan empat dari enam laskar FPI merupakan pelanggaran HAM. [Democrazy/sra]

Penulis blog