Bela Anies soal Banjir, Bang Yos: Kita Makin Tersohor Jika Sering Digebukin - DEMOCRAZY News
POLITIK

Bela Anies soal Banjir, Bang Yos: Kita Makin Tersohor Jika Sering Digebukin

DEMOCRAZY.ID
Februari 25, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Bela Anies soal Banjir, Bang Yos: Kita Makin Tersohor Jika Sering Digebukin

Bela-Anies-soal-Banjir-Bang-Yos-Kita-Makin-Tersohor-Jika-Sering-Digebukin

DEMOCRAZY.ID - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso alias Bang Yos ikut menyoroti soal banjir yang belakangan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. 

Meski banjir terjadi di mana-mana, eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu justru merasa heran kenapa hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang 'digebuk'.


Pernyataan itu disampaikan Bang Yos saat menjadi pembicara di program Mata Najwa. 


Bang Yos mengakui masalah banjir di Jakarta ini klasik dan supaya lebih baik dalam penanggulangan banjir di ibu kota ini, perlu ada kesinambungan kebijakan antara hulu dan hilir yang dilakukan antar gubernur.


“Banjir kan di mana-mana, di Jakarta sekitarnya sampai di Bandung di Semarang. Wah ini (Semarang) nggak pernah banjir, sedih saja (lihatnya) di Kalimantan (juga banjir). Banjir di mana-mana pemerintah pusat cuma katakan ini ada cuaca ekstrem, tapi yang di-gebukin Anies kenapa ya gue heran juga,” kata Bang Yos.


Lebih lanjut, ia mengakui politisasi banjir di ibu kota ini memang kental banget, lantaran di DKI jadi tempat tinggal petinggi dan pejabat elite nasional.


Makanya kata Bang Yos, jangan heran elite pemerintahan ada yang selalu saja ikut komentar persoalan DKI Jakarta meski bukan menjadi urusan yang bersangkutan.


“Jadi kalau Anies-Riza enggak di-gebukin gue cemburu. Kenapa waktu gue (era Bang Yos) di-gebukin kalau Anies kok enggak,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


Namun demikian, Bang Yos membesarkan hati Anies Baswedan dan Riza Patria yang kerap diserang dengan kebijakannya di ibu kota.


“Tapi hikmahnya ada, kita makin kesohor kalau sering digebukin,” kata dia.


Sementara itu, aktivis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Dwi Saung pun merasakan pula jadi korban politisasi banjir Jakarta.


Saat aktivis Walhi bersikap tertentu soal banjir Jakarta maka konsekuensinya bakal diserang salah satu kubu politik tertentu. 


Dwi mengakui politisasi banjir Jakarta sudah berlangsung lama, maka mereka enggak kaget kok dilabeli dan dicaci salah satu kubu politik bila bersikap soal banjir.


Namun Dwi menyayangkan, kini politisasi banjir Jakarta membuat publik lupa dengan banjir-banjir lain di luar Jakarta, yang aslinya lebih parah.


“Sekarang kan jadi tak sehat. Banjirkan bukan Jakarta saja, Tangerang Bekasi itu berhari-hari banjir. Itu jadi terabaikan, fokusnya politik di Jakarta. Padahal banjr besar ada di luar Jakarta. Politisasi banjir Jakarta terlalu kuat, dan fokusnya ke Jakarta. Sedangkan Jakarta kan sebentar saja kan banjirnya,” ujar Dwi. [Democrazy/sra]

Penulis blog