Wacana Prabowo Bentuk Presidential Club Dinilai Sulit Terealisasi, Ini Alasannya - DEMOCRAZY News
POLITIK

Wacana Prabowo Bentuk Presidential Club Dinilai Sulit Terealisasi, Ini Alasannya

DEMOCRAZY.ID
Mei 08, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Wacana Prabowo Bentuk Presidential Club Dinilai Sulit Terealisasi, Ini Alasannya

Wacana Prabowo Bentuk Presidential Club Dinilai Sulit Terealisasi, Ini Alasannya


DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik  Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti meyakini wacana Presidential Club yang digagas Prabowo Subianto sulit terjadi.


Hal itu dikatakan Ray karena beda jalan antara mantan presiden yang ada di Pilpres 2024.


"Rencana Pak Prabowo untuk mendirikan Presidential Club itu nampaknya akan sulit direalisasikan karena tiga mantan presiden berada dalam dua kubu yang berbeda," kata Ray, Rabu (8/5/2024).


Dijelaskannya bahwa Jokowi dengan SBY jelas mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024 yang lalu. Sementara Megawati mendukung Ganjar Pranowo.


"Berdasarkan itu saya memiliki kesan PDIP akan memilih jalan untuk menjadi oposisi di luar pemerintahan. Maka suara PDIP akan terlihat dari apa yang menjadi kebijakan di DPR," jelasnya.


Atas hal itu Ray menilai akan mengherankan bilamana suara PDI Perjuangan di DPR misalnya berbeda dengan suara pemerintah. Sementara Megawati sendiri berada di dalam satu ikatan Presidential Club.


"Yang seolah-olah di dalam Presidential Club telah dibicarakan berbagai kebijakan yang mungkin akan ditempuh oleh Pak Prabowo," ungkapnya.


Sebagai informasi, Juru Bicara Menhan RI sekaligus Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan kalau Prabowo mempunyai keinginan untuk membentuk Klub Presiden.


Dalam forum itu nantinya Prabowo akan meminta masukan dari para presiden terdahulu yang masih hidup.


Adapun mereka yakni, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) serta Prabowo Subianto selaku Presiden RI terpilih 2024-2029.


Zulkifli Hasan: Itu Ide yang Sangat Bagus


Ketua Umum Parta Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendukung ide Presiden terpilih, Prabowo Subianto, terkait Presidential Club atau Klub Presiden.


Menurut Zulkifli, ide yang dicanangkan Prabowo merupakan langkah yang bagus.


Diketahui, Presidential Club merupakan perkumpulan presiden, yang diisi oleh mantan Presiden RI sebelumnya, dimulai dari Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Joko Widodo.


Menteri Perdagangan yang juga karib disapa Zulhas itu menilai, kekecewaan di Pilpres 2024 harus dikesampingkan demi kepentingan Indonesia.


"Itu ide yang sangat bagus dari Prabowo. Jadi begini, apa sih artinya sakit hati karena kan sudah kelar MK dan apapun sudah selesai," kata Zulhas kepada wartawan usai melakukan peninjauan di Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Senin (6/5/2024).


"Jadi apa sih artinya kepentingan kelompok, golongan, dan partai dibandingkan kepentingan Indonesia," ujar Zulhas.


Zulhas berharap, Ide Prabowo untuk mewujudkan Presidential Club bisa berjalan dengan baik.


Sehingga, para Presiden RI terdahulu dapat memberikan masukan, untuk mewujudkan Indonesia Maju tahun 2045.


"Kita betul-betul berharap ide pak Prabowo bisa berjalan, sehingga mantan presiden bisa bersama-sama memberikan advice, memberikan masukan agar di tahun 2045, kita bisa mewujudkan Indonesia Maju," papar Zulhas.


Sumber: Tribun

Penulis blog