Sebelum FPI Secara Resmi Telah Dibubarkan, Ternyata HRS Sudah Siapkan 3 Nama Baru, Ini Dia - DEMOCRAZY News
AGAMA PERISTIWA POLITIK

Sebelum FPI Secara Resmi Telah Dibubarkan, Ternyata HRS Sudah Siapkan 3 Nama Baru, Ini Dia

DEMOCRAZY.ID
Desember 31, 2020
0 Komentar
Beranda
AGAMA
PERISTIWA
POLITIK
Sebelum FPI Secara Resmi Telah Dibubarkan, Ternyata HRS Sudah Siapkan 3 Nama Baru, Ini Dia

Sebelum FPI Secara Resmi Telah Dibubarkan, Ternyata HRS Sudah Siapkan 3 Nama Baru, Ini Dia
DEMOCRAZY.ID - Pemerintah telah resmi melarang aktivitas FPI di Indonesia. hal tersebut lantaran FPI dianggap sudah tak lagi mempunyai legal standing baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi biasa.

"Sesuai putusan MK 82/PUU112013 tertanggal 23 Desember tahun 2014, pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI, karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing baik sebagai oramas maupun sebagai organisasi biasa," kata Mahfud Md dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, pada 30 Desember 2020.


Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan bahwa secara de jure sebenarnya FPI telah dibubarkan sebagai Ormas sejak 21 Juni tahun 2019.


Beberapa alasan lain terkait pelarangan FPI, salah satu alasannya yakni, FPI melakukan sweeping secara sepihak dan melakukan kegiatan yang melanggar.


"Bahwa FPI sejak tanggal 21 Juni tahun 2019, 20 Juni tahun 2019, secara de jure telah bubar sebagai ormas. Tetapi sebagai organisasi,” terangnya.


Namun, sampai saat ini, menurutnya FPI tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan yang bertentangan dengan hukum.


“FPI tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan dan bertentangan dengan hukum seperti tindak kekerasan sweeping atau razia secara sepihak, provokasi dan sebagainya," jelas Mahfud.


Diketahui sebelumnya, Habib Rizieq Shihab pernah membuat sebuah pernyataan bahwa, tidak apa-apa seandainya FPI dibubarkan, saya tidak akan pusaing kok.


“Nggak apa-apa, FPI mau dibubarin saya nggak pusing,” tegas HRS di video ceramah kanal YouTube Aswaja TV yang berdurasi sekitar 21:10 berjudul ‘Habib Rizieq Angkat Bicara Jika FPI Dibubark4n, Anda Yakin..' pada, 23 November 2020.


Selanjutnya dia menambahkan bahwa, jika FPI dibubarkan pada malam ini pun dia tidak masalah, karena keesokan harinya HRS akan membentuk kembali FPI yang telah dibubarkan.


“Ini malam Front Pembela Islam yang disingkat FPI dibubarkan nggak apa-apa, besok pagi saya bentuk lagi Front Persatuan Islam, singkatannya sama FPI," imbuh HRS.


Jika FPI dibubarkan, saya akan membentuk kembali dengan nama Front Persaudaraan Islam, kan singkatannya sama-sama FPI.


"Dibubarin lagi saya bikin lagi, Front Persaudaraan Islam, singkatannya sama FPI yang mimpin dia dia juga, dibubarin lagi nggak apa-apa, saya ganti lagi jadi Front Penjaga Islam, singkatannya sama, yang mimpin sama, kerjaannya sama," pungkasnya. [Democrazy/jrps]

Penulis blog