VIRAL Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustadz Abdul Somad Ingatkan Ini - DEMOCRAZY News
AGAMA ISLAMI

VIRAL Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustadz Abdul Somad Ingatkan Ini

DEMOCRAZY.ID
Juni 01, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
ISLAMI
VIRAL Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustadz Abdul Somad Ingatkan Ini

VIRAL Pria Ajak Poligami Meski Sudah Beristri 4, Ustadz Abdul Somad Ingatkan Ini


DEMOCRAZY.ID - Viral sebuah video yang diunggah oleh salah satu media di media sosial Twitter. 


Memperlihatkan seorang pria mengajak poligami, langsung dapat berbagai komentar warganet, mayoritas menilai negatif.


Dalam video yang berdurasi 17 second, pria berkacamata hitam dengan busana hitam juga. 


Didampingi oleh 4 wanita di belakangnya, diduga mereka istrinya, dan singgung kalau Indonesia banyak janda dan hidup akan leluasa kalau poligami.


Di video tersebut, tertulis caption atau keterangan, "Lu kenapa gak nikah a'?".


"Lu panggil lu punya teman-teman ajak tanpa istri sekarang. Lu nggak bisa hidup leluasa kalau hanya satu istri oy. Lu bisa hidup leluasa kalau nanti banyak istri, oy sekarang nikah lagi. Banyak jandi di indonesia, sebelum kamu ditikung," kata pria tersebut, dikutip dari akun @irsank, Sabtu (1/6/2024).


Video pria bernama Irsan ini, diunggah ulang oleh salah satu akun media radio indonesia. Hal ini pun menarik perhatian publik atau pengguna medsos..


Sebab ada yang menilai, video itu sebagai bentuk pelecehan kepada Nabi Muhammad saw. Kalau poligami hanya bertujuan untuk nafsu semata, parahnya lagi juga untuk hiburan semata.


"Jaman sekarang org poligami demi nafsu. Ini sama aja kaya pelecehan terhadap nabi krn seakan nabi poligami demi nafsu juga," kata akun @don


"bikin sesuatu demi konten, knp ya nutrisi otak org Indonesia pada eror bgni, makin guuuoooblokkkk benerr njirrr," kata @zo yang ikut berkomentar.


Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan terkait poligami di dalam islam yang kerap kali dimaknai salah.


Dalam penjelasannya, ia memberikan alasan mengapa ada dan tujuannya untuk apa poligami? yang tayang di Youtube Supir Ustadz. Ia jelaskan poligami ada karena lima alasan dalam islam yaitu:


Pertama, jangan pahami secara tekstual soal poligami, seperti perbanyak istri semata. Pada zaman nabi Muhamaad saw poligami sudah dilakukan tapi durasi Rasullullah poligami lebih singkat, dibandingkan ia monogami (satu pasangan).


"nabi Muhammad saw menikah dengan Siti Khadijah monogami (istri tunggal) selama 45 tahun, baru poligami sekitar 10- atau 12 tahun. Kemudiam, mana yang lebih lama kehidupan nabi monogami atau poligami?," kata Ustaz Abdul Somad dikutip, Sabtu (1/6/2024)


Kedua, Ustaz Somad menjelaskan bolehnya Poligami di islam juga sudah diatur dalam Al-Quran. 


Namun, ada aturannya, di mana pria harus bisa berlaku adil, sebagaimana dalam Surah An-Nisa ayat 3:


وَاِنْ خِفْتُمْ اَلَّا تُقْسِطُوْا فِى الْيَتٰمٰى فَانْكِحُوْا مَا طَابَ لَكُمْ مِّنَ النِّسَاۤءِ مَثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۚ فَاِنْ خِفْتُمْ اَلَّا تَعْدِلُوْا فَوَاحِدَةً اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْۗ ذٰلِكَ اَدْنٰٓى اَلَّا تَعُوْلُوْاۗ ۝٣


wa in khiftum allâ tuqsithû fil-yatâmâ fangkiḫû mâ thâba lakum minan-nisâ'i matsnâ wa tsulâtsa wa rubâ‘, fa in khiftum allâ ta‘dilû fa wâḫidatan au mâ malakat aimânukum, dzâlika adnâ allâ ta‘ûlû


Artinya: "Jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Akan tetapi, jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, (nikahilah) seorang saja atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat untuk tidak berbuat zalim".


"Ketiga, ayat tentang turun nikahilah perempuan dua, nikahilah tiga dan nikahilah empat, ayat itu nyuruh nambah atau mengurangi?, mengurangi. Karena dulu orang Makkah istrinya unlimeted (tanpa batas).Maka turun ayat ini agar dia kurangi," pesan Ustaz Somad


"Keempat, dalam islam untuk poligami sebagai solusi emergency, kalau tidak dibuka pintu ini maka pesawat akan meledak," sambungnya.


Terakhir, sebagai seorang muslim kata Ustaz Somad poligami juga melihat 5 hal ini, antara lain: Menjaga akal, jangan pakai sabu-sabu/narkoba. 


Kedua, menjaga diri jangan bunuh diri. Ketiga jaga agama jangan kotori aqidah. Keempat jaga harta jangan riba dan terkahir poligami menjaga kehormatan.


"Sehingga kalau dengan poligami bisa menjaga (kelima tadi) maka lanjutkan, tapi jika kebalikannya, maka menghancurkan pilihannya jangan poligami," terangnya sebagai penegasan.


Sumber: TvOne

Penulis blog