Ungkap Kemungkinan Kilang Minyak Pertamina 'Disabotase', DPR Bakal Segera Panggil Kapolri - DEMOCRAZY News
KRIMINAL PERISTIWA

Ungkap Kemungkinan Kilang Minyak Pertamina 'Disabotase', DPR Bakal Segera Panggil Kapolri

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
KRIMINAL
PERISTIWA
Ungkap Kemungkinan Kilang Minyak Pertamina 'Disabotase', DPR Bakal Segera Panggil Kapolri

Ungkap Kemungkinan Kilang Minyak Pertamina 'Disabotase', DPR Bakal Segera Panggil Kapolri

DEMOCRAZY.ID - Ketua Komisi VII DPR Fraksi Partai Nasdem, Sugeng Supartowo angkat bicara terkait kebakaran kilang minyak di waktu yang berdekatan, yakni di Balongan, Jawa Barat dan Cilacap, Jawa Tengah.


Sugeng pun mempertanyakan sistem keamanan yang dibuat oleh Pertamina di sejumlah kilang minyak.


Seharusnya apabila alasan kilang minyak terbakar lantaran terkena petir seperti yang diungkapkan Pertamina, pemerintah harus merombak sistem keamanan.


Terlebih, bukan tidak mungkin di sejumlah kilang minyak milik Pertamina, sistem keamanan dan parameter yang digunakan masih berstandar lama.


Padahal cuaca, iklim, hingga keadaan alam di Indonesia selalu berubah, belum lagi ditambah dampak adanya pemanasan global.


Menyikapi hal tersebut, kata Sugeng, Pertamina seharusnya bisa mengambil sikap dengan memperbarui sistem keamanan yang ada di kilang minyak.


Di samping itu ada pula kemungkinan kilang minyak yang terbakar akibat dari sabotase oleh pihak eksternal.


“Untuk kasus ini kita minta investigasi forensik, jangan-jangan ada juga unsur sabotase. Kemungkinan itu ada saja, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Kedua adalah dari sistem keamanan itu sendiri, makanya kita minta ke Pertamina untuk mengevaluasi, mengaudit secara total sistem keamanannya,” kata Sugeng dalam acara Editorial MI, dikutip pada Senin, 15 November 2021.


“(Kebakaran) Ini karena berulang terjadi menandakan bahwa mitigasi bahaya kita masih lemah, terutama dari sisi kemanannya,” sambungnya.


DPR Bakal Panggil Kapolri dan Pertamina


Lebih lanjut, pihaknya bakal mengusut tuntas dan mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran di kilang Balongan dan Cilacap.


Sugeng memastikan bakal berkoordinasi dengan Komisi III DPR untuk menggelar rapat dengar pendapat.


Dalam hal ini DPR juga berencana memanggil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo.


“Kalau untuk urusan ini sudah tentu urusan kepolisian, maka dari itu langkah kami di DPR akan segera nanti bakal rapat dengar pendapat, lintas komisi karena komisi kepolisian itu ada di komisi III. Kita akan berkoordinasi dengan komisi III untuk nanti secara bersama-sama dengan kapolri mendengar penjelasan dari penyidikan yang dilakukan kepolisian perihal kebakaran ini,” ujar Sugeng.


Selain itu, DPR juga bakal memanggil sejumlah jajaran Pertamina untuk menjelaskan lebih lanjut soal hasil penyidikan kebakaran dan sistem keamanan di kilang minyak.


“Kita meminta juga penjelasan lebih rinci kepada pertamina, kita juga ingin mendengar kejadian kebakaran di Kilang Balongan beberapa waktu lalu dan tentu insiden yang terjadi baru-baru ini di Kilang Cilacap,” imbuhnya. [Democrazy/hops]

Penulis blog