Ketua Otorita IKN dan Wakilnya Kompak Mengundurkan Diri, Nama Ridwan Kamil Disebut Jadi Dalangnya, Kenapa? - DEMOCRAZY News
POLITIK

Ketua Otorita IKN dan Wakilnya Kompak Mengundurkan Diri, Nama Ridwan Kamil Disebut Jadi Dalangnya, Kenapa?

DEMOCRAZY.ID
Juni 05, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ketua Otorita IKN dan Wakilnya Kompak Mengundurkan Diri, Nama Ridwan Kamil Disebut Jadi Dalangnya, Kenapa?

Ketua Otorita IKN dan Wakilnya Kompak Mengundurkan Diri, Nama Ridwan Kamil Disebut Jadi Dalangnya, Kenapa?


DEMOCRAZY.ID - Seperti diketahui bahwa Ketua Otorita IKN Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe Baru saja mengundurkan diri. Namun nama Ridwan Kamil justru terseret dalam pengunduran diri tersebut.


Seperti diketahui bahwa setelah tidak menjabat sebagai Gubernur Jabar Ridwan Kamil diangkat sebagai kurator IKN oleh Presiden Jokowi.


Dipilihnya Ridwan Kamil sebagai kurator IKN itulah yang disebut-sebut sebagai dalam pengunduran diri dua petinggi otorita IKN tersebut.


Namun hingga hari ini alasan kedua petinggi IKN tersebut mengundurkan diri tidak diketahui apa.


Bahkan Puan Maharani selaku Ketua DPR pun meminta agar pemerintah terbuka dan transparan mengenai alasan kedua petinggi otorita IKN tersebut mengundurkan diri.


Ia takut jika dengan mundurnya para petinggi ini bisa menghambat pelaksanaan IKN kedepannya.


Puan juga meminta agar pemerintah sekarang bicara dengan pemerintahan kedepan untuk pelaksanaan IKN ini.


Berbeda dengan Puan Maharani, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menyebut bahwa mundurnya kedua petinggi otorita IKN ini kemungkinan besar berkaitan dengan dipilihnya Ridwan Kamil sebagai kurator IKN.


Seperti diketahui bahwa sebagai kurator IKN tugas Ridwan Kamil adalah mengevaluasi seluruh pembangunan infrastruktur di IKN.


Ray menduga adanya Ridwan Kamil sebagai kurator membuat Ketua dan Wakil ketua Otorita IKN ini tugasnya jadi tumpang tindih.


Selain itu ia menyebut ditunjuknya Ridwan kamil sebagai kurator membuat kedua petinggi Otorita IKN tersebut merasa tidak dihargai.


Saat ini Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono sebagai Plt ketua Otorita IKN dan Wakilnya adalah Raja Juli Antoni yang merupakan Wakil Menteri ATR.


Ketua dan wakil ketua ini memiliki PR yang sangat berat yaitu mengenai status tanah di IKN.


Basuki dan Raja akan memimpin Otorita IKN hingga Presiden menunjuk Ketua dan wakil baru untuk memimpin Otorita IKN.


Demikian informasi mengenai mengapa nama Ridwan Kamil disebut sebagai dalang dalam pengunduran diri Ketua dan Wakil Otorita IKN.


Sumber: AyoBandung

Penulis blog