Viral Kasus 'Om Albert' PNS Kemenhub, YouTuber Korea Buka Suara - DEMOCRAZY News
HOT NEWS TRENDING

Viral Kasus 'Om Albert' PNS Kemenhub, YouTuber Korea Buka Suara

DEMOCRAZY.ID
Mei 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
TRENDING
Viral Kasus 'Om Albert' PNS Kemenhub, YouTuber Korea Buka Suara

Viral Kasus 'Om Albert' PNS Kemenhub, YouTuber Korea Buka Suara


DEMOCRAZY.ID - YouTuber Korea Selatan, Jiah dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka Sulawesi Tenggara, Asri Damuna buka suara terkait viralnya konten video berjudul "Menjadi Teman dengan Para Om | ke Bunaken dari Manado".


Melansir dari CNN Indonesia, Asri mengaku bahwa peristiwa yang terekam dalam video berawal saat ia dan temannya, Alex makan di dekat hotel tempat menginap. Menurutnya, ia duduk di sebelah Jiah karena tempat tersebut penuh.


"Nah, YouTuber Korea ini ngajak bergabung, tapi dia belum melakukan untuk syuting itu. Setelah kita bergabung, nah, makanannya orang Korea itu digabung sama kita," kata Asri, dikutip Sabtu (11/5/2024).


"Setelah digabung sama kita, dia minta izin, 'Om boleh gabung makan di sini sekalian ambil gambar', terus saya bilang 'Boleh'," lanjutnya.


Saat berbincang-bincang, Alex mengatakan bahwa Jiah sempat menanyakan sejumlah hal, seperti asal daerah, tempat wisata, hingga makanan khas. Tak hanya itu, Jiah juga menanyakan lokasi menginap Alex.


"Setelah makan, nah, dia sempat nanya 'Abang nginep di mana?'. Saya bilang 'Abang nginep di hotel depan sana, Hotel Swiss Bell'. Saya bilang 'Mau mampir silakan'," ujar Asri.


Menurut Asri, rekaman yang viral di media sosial adalah video tidak utuh dan sudah diedit sehingga menimbulkan persepsi negatif di masyarakat.


"Pada intinya, masalah ajakan itu karena dari dia memulai, dia pertanyakan 'Abang nginep di mana?', 'Sebelah situ, di hotel. Kalau ma mampir silakan', dia jawab 'Aduh enggak bisa karena mau pergi ke tempat wisata'," jelas Asri.


Dalam pertanyaannya melalui salah satu TV nasional, Asri mengaku bahwa ia tidak berniat untuk menggoda Jiah. 


Namun, ia tak melarang jika turis asal Negeri Ginseng itu ingin mampir ke tempatnya bermalam.


"Tidak ada unsur menggoda, saya cuma kalau mau ke hotel saya persilakan. Kita tidak melarang dan dia sudah baik dengan kita, sampai dia sebut saya sampai dia keluar itu, lalu dia pukul saya tapi sudah tidak ada siaran, abang baik, om baik," terang Asri.


Menurut Asri, ia sengaja menggunakan nama Albert karena itu merupakan nama panggilan dari rekan-rekan kerjanya.


Sementara itu, Jiah mengaku terkejut sekaligus mengucapkan terima kasih kepada warganet Indonesia yang khawatir kepadanya setelah video bersama Asri viral.


"Saya terkejut melihat video saya tiba-tiba viral di medsos lain. Terima kasih semuanya yang telah peduli kepada saya," kata Jiah.


"Sekarang saya aman dan baik-baik saja. Jadi, tidak perlu khawatir! Saya akan lebih berhati-hati, ya," sambungnya.


Dalam pernyataannya melalui Instagram Story, Jiah meminta seluruh warganet untuk tidak percaya terhadap akun di media sosial manapun yang mengatasnamakan dirinya.


Akibat dari viralnya video ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) membebastugaskan Asri untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut.


"Kemenhub sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati.


Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi disebut telah memerintahkan agar pihaknya segera mengusut video yang viral itu dan memberi sanksi tegas kepada Asri jika terbukti bersalah. 


Adita mengatakan, jika terbukti bersalah Asri dapat dikatakan tidak dapat menjaga nama baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).


"Jika terbukti benar maka yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai ASN. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.


Sumber: CNBC

Penulis blog