Terkuak! Begini Kronologi Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran, Diduga Karena Ini - DEMOCRAZY News
GLOBAL TRENDING

Terkuak! Begini Kronologi Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran, Diduga Karena Ini

DEMOCRAZY.ID
Mei 20, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
TRENDING
Terkuak! Begini Kronologi Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran, Diduga Karena Ini

Terkuak! Begini Kronologi Kecelakaan Helikopter yang Menewaskan Presiden Iran, Diduga Karena Ini


DEMOCRAZY.ID - Tewasnya presiden Iran Ebrahim Raisi (63) yang mengalami kecelakaan helikopter bersama sejumlah pejabat akhirnya terungkap.


Disitat dari laman Reuters, Presiden Ebrahim Raisi awalnya berencana untuk meresmikan sebuah proyek bendungan di perbatasan Azerbaijan dengan menggunakan helikopter.


Diketahui, Bendungan Qiz-Qalasi sendiri merupakan proyek bersama dengan pemerintah Azerbaijan.


Dalam sejumlah video dan foto yang beredar, Raisi sebelum kejadian, bertanggal 19 Mei. 


Ia juga sempat memberi pernyataan ke media soal bagaimana dirinya berharap bendungan yang dibuat kedua negara bisa bermanfaat bagi warga.


"Bendungan ini bisa menyediakan transit yang aman tak hanya bagi barang-barang, tapi juga penumpang dan juga turis," katanya di kesempatan itu.


Terlihat pula momen lain di mana Raisi berada di dalam helikopter dan melihat ke arah luar helikopter, dimuat televisi lokal Iran.


Ditunjukan pula bagaimana foto helikopter yang ia naiki. Namun naas helikopter yang ditumpangi Raisi tak memberi kabar seusai acara saat hendak kembali ke ibu kota.


Hingga sore hari, televisi pemerintah mengabarkan bahwa tak ada kontak dari helikopter sang presiden.


Alhasil Iran memerintahkan menurunkan tentara dam pasukan elit Garda Revolusi Iran (IRGC) untuk terjun ke operasi penyelamatan.


Sejumlah negara seperti Turki dan Rusia juga membantu pencarian.


"Hari sudah gelap dan hujan mulai turun, namun pencarian terus dilakukan. Tim penyelamat telah mencapai lokasi tersebut... namun, hujan telah menimbulkan lumpur, sehingga menyulitkan pencarian," kata seorang reporter lokal di TV pemerintah setempat Minggu malam.


Titik terang baru ditemukan Senin pagi, saat drone milik Turki dilaporkan menemukan sebuah "titik panas" saat melakukan pencarian.


Kantor berita Turki, Anadolu Agency, melaporkan bahwa drone UAV Akinci milik Ankara meyakini titik panas itu sebagai puing-puing helikopter.


Setelahnya media setempat mengatakan tidak ada korban selamat yang ditemukan di lokasi jatuhnya helikopter yang membawa Raisi.


Tak lama setelah itu, dilaporkan bawa Raisi termasuk delapan orang lain tewas dalam kejadian itu.


Dugaan Penyebab Kecelakaan?


Para ahli meyakini cuaca berperan besar dalam kecelakaan itu. Sementara pakar penerbangan dan mantan pilot helikopter, Paul Beaver, mengatakan tutupan awan, kabut, kabut, dan suhu rendah pasti berkontribusi terhadap jatuhnya pesawat presiden Iran.


"Tidak seperti pesawat sayap tetap, helikopter tidak dapat dengan mudah terbang di atas cuaca (buruk)," katanya.


"Helikopter tidak memiliki kemewahan itu," tambahnya.


Meski demikian tim evakuasi masih melakukan penyelidikan. Namun di awal pemberitaan kecelakaan, sejumlah media sempat membenarkan cuaca buruk di lokasi kejadian.



Sumber: VIVA

Penulis blog