PEPS: Masalah Kemiskinan Tak Bisa Diatasi dengan Makan Siang Gratis - DEMOCRAZY News
EKBIS

PEPS: Masalah Kemiskinan Tak Bisa Diatasi dengan Makan Siang Gratis

DEMOCRAZY.ID
Mei 18, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
PEPS: Masalah Kemiskinan Tak Bisa Diatasi dengan Makan Siang Gratis

PEPS: Masalah Kemiskinan Tak Bisa Diatasi dengan Makan Siang Gratis


DEMOCRAZY.ID - Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies) Anthony Budiawan memprediksi program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo-Gibran tidak akan tersalurkan ke seluruh daerah di Indonesia.


Diketahui, Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengusung makan siang gratis sebagai program andalannya. 


Prabowo berjanji pada 3 sampai 4 tahun mendatang anak-anak Indonesia tidak lagi merasakan kelaparan.


"Apakah mengatasi permasalahan itu bisa dengan jalan memberi makan siang gratis apa lagi sampai ke daerah. Apa benar bisa sampai ke daerah-daerah sampai ke pegunungan?," ujar Anthony dihubungi, Jakarta, Sabtu (18/5/2024).


Dia mengatakan, salah satu tantangan untuk menjalankan program makan siang gratis yang akan dijalankan pada pemerintahan Prabowo-Gibran adalah masalah akses dan logistik. 


Tak hanya itu, menurutnya program makan siang gratis untuk menurunkan masalah stunting dinilai tak cukup karena ada masalah lainnya yaitu kemiskinan.


"Secara logistik sudah tidak mungkin, dan juga stunting. Masalah stunting itu adalah masalah kemiskinan, masalah kemiskinan tidak bisa di atasi hanya dengan memberi makan siang gratis dan susu gratis. Tidak mungkin," kata dia.


"Jadi sekali lagi kemiskinan, ibu hamil tidak  bisa diatasi dengan kasih makan gratis dan kasih susu gratis. Tantangannya disitu dari segi logistik dan sebagainya," tambah dia.


Lebih lanjut, dia juga meragukan soal program makan siang gratis yang akan tersalurkan ke seluruh ibu hamil dan anak-anak di seluruh daerah. Salah satu permasalahan lainnya adalah ketersediaan anggaran yang mumpuni.


"Itu tantangannya itu kan klaim nya begitu seperti juga klaim pak Jokowi enak-enak  aja bagus-bagus aja klaim ya, tapi coba liat klaim mana yang berhasil kan gak ada cuma ngomong infrastruktur aja tapi infrastruktur juga kan sebetulnya banyak yang dari utang dan sebagainya. Terus kita belum bicara soal sumber keuangan," tuturnya.


Sebelumnya, presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji akan membuktikan rakyat Indonesia tak akan menyesal memilih dirinya di Pilpres 2024. 


Ia meminta diberi 3-4 tahun untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat, termasuk yang tidak memilihnya.


"Beri kita waktu, beri kita 3-4 tahun, kita akan buktikan rakyat yang tidak memilih kita, kita akan membuktikan, kita akan membawa kebaikan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo dalam acara Bimtek dan Rakornas PAN di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).


Ia juga berjanji, di masa kepemimpinannya bersama Gibran Rakabuming Raka, tidak ada lagi kelaparan. 


Prabowo menyebut, memberi makan gratis juga berlaku bagi anak-anak di Provinsi Aceh dan Sumatera Barat, wilayah yang memenangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.


Sumber: Inilah

Penulis blog